Headline NewsMarine Tourism

Puluhan Pemuda Dilatih Jadi Pemandu Wisata Selam

Kabupaten Bone Bolango bertekad menjadi daerah tujuan utama wisata alam di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi.

Untuk mewujudkan program ini, Pemerintah Bone Bolango melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparek) melakukan inovasi untuk menjadikan kawasannya sebagai salah satu tujuan utama wisata.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melatih 40 orang menjadi pemandu wisata selam di perairan Bone Bolango. Selama 3 hari, calon pemandu wisata selam mengikuti pembekalan di kawasan wisata alam Lombongo yang dibuka Sekretaris Daerah Ishak Ntoma, Selasa-Kamis (9-11/7/2019).

Sekda Ishak Ntoma yang didampingi Kepala Disparek Aznan Nadjamudin mengemukakan, pelatihan pemandu wisata selam ini merupakan yang pertama kalinya digelar dengan pesertanya sebagian besar adalah warga Bone Pesisir, karena di wilayah itu terdapat banyak tempat wisata bawah laut yang sangat indah, salah satunya obyek wisata taman laut Olele.

“Bone Bolango memiliki 70 km pesisir pantai,  begitu banyak keindahan alam di sepanjang kawasan tersebut, termasuk yang belum dieksplor sama sekali,” kata Ishak Ntoma.

Pelatihan pemandu selam ini diharapkan dapat menciptakan kader pencinta alam bawah laut yang handal, yang dapat melayani kebutuhan pasar pariwisata minat khusus. Lewat pelatihan ini, peserta akan dilatih untuk teknik-teknik menyelam dan melayani wisatawan.

“Tidak hanya teknik menyelam yang dipelajari, tapi keseluruhan konteks sebagai pemandu wisata perlu dipelajari untuk membekali dan menambah kompetensi sebagai pemandu wisata selam,” ujar Ishak Ntoma.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya, yakni Dive Master Didit Darmawan dari Makassar dan Dive Center Salvado, Cecep.

“Pelatihan ini diharapkan melahirkan pemandu wisata alam selam yang profesional, yang konsisten melayani wisatawan untuk membangun Bone Bolango yang semakin sejahtera,” ujar Aznan Nadjamuddin. (Sumber GenPI)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close