Headline NewsLife StyleLifestyleTourism

Putra Pariwisata Nusantara 2017 Ajak Finalis P3N 2021 Tetap Semangat Promosikan Pariwisata Indonesia

Putra Pariwisata Nusantara 2017 Nurdianto Hartoyo Sanan mengajak para finalis Putra Putri Pariwisata Nusantara (P3N) 2021 untuk tidak patah semangat dalam  memperkenalkan pariwisata Indonesia seiring banyaknya pemilihan duta pariwisata.  Justru butuh orang banyak untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah internasional.

“Saya selalu berpikir seperti ini, untuk mengenalkan pariwisata Indonesia tidak cukup satu orang, dua orang atau satu acara pageant atau acara pemilihan duta. Tidak cukup orang-orang itu saja. Butuh anak muda seperti kita, yang terlibat itu,” kata Nurdianto saat memberikan pembekalan kepada 41 finalis (P3N) 2021 dalam kegiatan karantina virtual, Rabu (17/2/2021).  Materi pembekalan yang dipaparkan Nurdianto, berjudul  “Peran Milenial Untuk Pariwisata Indonesia di Mata Dunia”

Nurdianto menjelaskan, meski belum diketahui siapa pemenangnya di kontes, para finalis P3N 2021 sudah menjadi seorang duta pariwisata. Itu berarti, sudah ada tanggungjawab yang harus dijalani untuk mempromosikan pariwisata tanah air kepada dunia.

“Ketika teman-teman mendeklarasikan diri teman-teman semuanya sebagai finalis, teman-teman sebenarnya juga sudah mendeklarasikan diri teman-teman sebagai duta pariwisata, bahwa itu teman-teman merasa pantas atau tidak, tapi teman-teman sudah secara sukarela menyatakan bahwa adalah seorang duta pariwisata, yang berarti memiliki tanggung jawab,”  ujar Global Youth Leader Euroweek Polandia ini.

 Namun Nurdianto ada hal yang harus diperhatikan para finalis untuk memperkenalkan pariwisata, yakni finalis harus merasakan terlebih dahulu destinasi yang ada di provinsinya. Hal ini penting agar promosi yang dilakukan lebih akurat, sehingga dapat meyakinkan wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia.

“Bagaimana kita mau kenali pariwisata yang ada di Indonesia ke luar negeri kalau kita belum pernah nih mengunjungi daerah yang ada di sekitar kita. Tidak perlu ngomongin ke luar dari provinsi, yang ada aja dulu di Provinsi kita, karena kita harus merasakan dulu, bagaimana sih rasanya jadi wisatawan, oh kaya begini rasanya, baru kita tau dan bisa memperkenalkan dengan orang lain,” terang Nurdianto yang juga sebagai Ketua Umum GenRe Indonesia ini.

Dalam kesempatan ini, Nurdianto juga berharap para finalis dapat memiliki konsep 4R (Ruh,Raga,  Rasa dan Rasio). Konsep ini diyakini Nurdianto dapat membantu para finalis untuk menjadi seorang duta pariwisata yang handal dan berkualitas.

Konsep tersebut didapat Nurdianto saat menjalani masa karantina pemilihan P3N 2021. Saat itu konsep tersebut dipaparkan oleh Founder Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto.  Dengan menerapkan 4R ini secara benar akan menunjukan bahwa seseorang itu bukan hanya dipandang dari sisi luarnya saja namun juga dari sisi dalamnya, sehingga akan ada rasa percaya diri untuk mengikuti kontes paling bergengsi di Indonesia ini.

“Sebenarnya kita belajar bahwa kecantikan kita dan keindahan kita tidak dilihat dari luarnya saja gitu, tapi bagaimana kita berkomunikasi dari bagaimana kita menyampaikan sebuah pesan, itu yang harus kita ingat menjadi seorang Putra atau Putri Pariwisata,” tutur Nurdianto.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close