Headline NewsLife StyleLifestylePageantsTourism

Putri Pariwisata Indonesia 2021 Kembali Dipercayakan Menjadi Juri Kontes Pageant, Kali Ini Pemilihan Putri Pariwisata Maluku 2022

Putri binaan Yayasan EL JOHN Indonesia kembali mendapat kepercayaan dari  Dinas Pariwisata Daerah untuk membantu kegiatan  pemilihan Putri Pariwisata Tingkat Provinsi. Kali ini, Dinas Pariwisata  Provinsi Maluku yang menyelenggarakan pemilihan Putri Pariwisata Maluku 2022.

Putri yang hadir di kontes paling bergengsi di Maluku tersebut,  yakni Putri Pariwisata Indonesia 2021 Tisya Laura Dewi. Wanita  cantik berdarah Padang ini, diminta oleh Dinas Pariwisata  Provinsi Maluku untuk menjadi narasumber dan juri.

Laura menjadi narasumber saat masa karantina pada 15 Juli 2022 yang dilangsungkan di The Natsepa Resort and Conference, Ambon, Maluku. Sebagai narasumber, Laura memberikan pembekalan kepada para finalis antara lain seputar Mars Putri Pariwisata Indonesia.

Laura menjelaskan Mars Putri Pariwisata Indonesia ini,  mengandung makna yang dalam tentang kriteria seorang Putri Pariwisata Indonesia seperti attitude dan kecerdasan tentang pariwisata.

Materi lain yang disampaikan Laura adalah tentang bagaimana cara menjawab menjawab pertanyaan Dewan Juri. Hal ini penting diketahui para finalis, karena dapat mempengaruhi nilai pada malam grand final. 

Kehadiran Laura dikontes ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi para finalis. Hal tersebut terlihat dari pembekalan yang diberikan Laura, mendapat respon positif dari para finalis. Umumnya, finalis menanyakan motivasi Laura sehingga meraih gelar tertinggi di kontes Putri Pariwisata Indonesia 2021.

“Yang memotivasi Laura, tentunya keluarga, karena sash yang Laura bawa ini, dengan perjuangan Laura yang sangat luar biasa hingga berada di posisi sangat ini, itu adalah untuk membanggakan orang tua, membanggakan keluarga Laura, jadi itulah yang memotivasi Laura, sehingga Laura memutuskan untuk ikut pemilihan Putri Pariwisata Indonesia pada tahun  2021, “ kata Laura saat diwawancarai tim liputan EL JOHN News.

Laura menilai seluruh finalis di kontes Putri Pariwisata Maluku 2022 ini, memiliki kemampuan yang mumpuni sebagai seorang duta pariwisata. Namun, Laura dan para dewan juri lainnya harus memilih yang terbaik dari yang terbaik.

Setelah menjadi narasumber, pada malam grand final yakni pada tanggal 17 Juli 2022, Laura bertugas sebagai dewan juri. Tampil sebagai dewan juri, sudah tidak asing lagi bagi Laura, karena sebelumnya pada Mei 2022, Luara sudah pernah menjadi dewan juri untuk kontes Putra Putri Pariwisata Kalsel 2022.

“Para dewan juri itu,  punya tugas yang luar biasa, amanah yang luar biasa dan tanggung jawab yang luar biasa sehingga  sangat berhati-hati,sangat teliti agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi  untuk menjadi juri itu berat sekali dan Alhamdulillah selama ini Laura bisa memberikan yang  terbaik dan  bisa menilai secara Netral, serta bisa memilih mana yang pantas dan tidak untuk diberikan nilai tinggi,” ujar wanita yang piawai menari ini.

Laura menjelaskan ada beberapa kriteria yang menjadi pedoman untuk menilai para finalis, diantaranya mengenai penampilan mereka baik saat karantina maupun saat grand final. Kemudian penilaian tentang cara mereka menjawab pertanyaan dari dewan juri. Jawaban finalis  yang dinilai dewan juri adalah jawaban  harus tepat, singkat dan berbobot.

Selain itu, penilaian lainnya adalah mengenai tingkah laku.  Dalam pageant ini, mau secantik apapun, mau sepintar apapun, tetapi kalau tingkah lakunya tidak baik tentunya tidak bisa menang sebagai Putri Pariwisata Maluku tahun 2022 atau sebagai Putri Pariwisata lainnya. Namun apabila tingkah laku mereka baik, terus cara menyampaikan jawabannya rapi dan tepat. Serta penampilannya anggun dan bersih itulah yang pantas menjadi Putri Pariwisata Maluku 2022,” ungkap Laura.

Alhasil penilaian dari dewan juri jatuh pada Monika Rumlaan. Wanita cantik perwakilan dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar berhak menyandang gelar Putri Pariwisata Indonesia 2022 setelah mendapat nilai tertinggi dari dewan juri.

Pada kesempatan ini, Laura menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Provinsi Maluku yang telah memberikan kepercayaan kepada Yayasan EL JOHN Indonesia dan putri binaannya, untuk terlibat dalam kontes yang sangat bermanfaat dalam  pengembangaan generasi muda ini.

“Laura mau berterima kasih kepada Bapak dan Ibu Gubernur Provinsi Maluku dan juga Dinas Provinsi Pariwisata Maluku yang mengundang Laura untuk hadir disana. Bapak dan Ibu Gubernur serta Bapak Kepala Dinas Pariwisata Maluku luar biasa baik dan ramah. Tak kalah dengan masyarakatnya  yang juga manis-manis  dan juga ramah banget,” tutur Laura.

“Jadi Laura berharap keramahan dari masyarakatnya Ambon manise ini, semoga tetap dipertahankan keramahannya kalau bisa ditingkatkan apalagi untuk pariwisata, karena keramahan menjadi hal penting untuk sektor pariwisata,” tutup Laura

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button