BusinessDestinationTourismTransportation

Raih Penghargaan 4-Star Airline, Citilink Langsung Nyatakan Siap Buka International Flight

Anak usaha Garuda Indonesia, Citilink, dalam waktu dekat menyatakan akan membuka rute penerbangan internasional sebagai bentuk ekspansi bisnisnya, dari skala domestik awalnya kini Citilink siap terbangi langit regional.

Pembukaan rute internasional itu rencananya akan terlaksana pada kuartal II tahun 2018.

“Kami akan mulai dengan Penang (Malaysia), Bangkok (Thailand), dan kemungkinan kami juga akan terbang ke regional lain di Singapura,” kata Direktur Utama Citilink, Juliandra saat ditemui di Singapore Airshow 2018 di Changi Exhibition Center, Kamis (8/2).

Juliandra menjelaskan, pihaknya dipastikan memulai rute internasional tahun ini didasari sejumlah pertimbangan.Salah satu yang utama adalah predikat 4-Star Airline yang didapat Citilink dari lembaga pemeringkat penerbangan global asal Inggris, Skytrax, yang merupakan capaian tertinggi untuk kategori maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC).

Selain itu, Citilink juga akan menambah frekuensi penerbangan untuk rute domestik. Upaya-upaya itu sejalan dengan target pertumbuhan penumpang Citilink tahun 2018 yang lebih tinggi dibanding tahun 2017.

“Target tahun 2017 adalah 12 juta (seats) tapi tercapai 12,5 juta (seats). Tahun ini, kami punya target 15,3 juta penumpang,” tutur Juliandra.

Adapun saat ini, Citilink baru memiliki rute domestik untuk penerbangan reguler. Citilink juga sudah ada penerbangan internasional, tetapi baru untuk pesawat untuk charter flight atau borongan dengan salah satu rutenya adalah ke Jeddah di Arab Saudi.

Dari data Citilink tahun 2017, kontribusi pesawat charter ini terhitung sebesar 10 % hingga 20 % dari total pendapatan tahunan mereka. Melalui data tersebut, Juliandra juga membuka kemungkinan pesawat yang charter itu nantinya bisa dijadikan penerbangan reguler dengan rute yang tetap pula.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close