BusinessTourism

Rencana Kedepan DPD PUTRI Bali Terkait Pembenahan Sektor Pariwisata

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dari Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Bali telah diresmikan dan dilantik di Ksirarnawa Denpasar  pada Jumat 28 Juli 2017.

Ketua DPD PUTRI Bali yaitu I. G. A. Inda Trimafo Yudha, mengharapkan melalui peresmian kepengurusan baru ini agar PUTRI Bali mampu mendorong destinasi dan wahana wisata yang ada di Bali dan terus mendorong agar tetap menjadi primadona wisata di dunia.

“Kami ke depan akan bersinergi dengan asosiasi pariwisata lainnya, berkolaborasi membangun dan memperbaiki daya tarik wisata dan destinasi wisata, atraksi, dan kegiatan wisata lainnya dengan standar yang baik,” ujar Indar.

Salah satu upaya untuk terus meningkatkan sektor pariwisata adalah dengan melakukan sertifikasi dan standarisasi baik kepada SDM maupun kepada destinasi yang menjadi unggulan wisatawan.

“Sehingga ke depannya kami ingin melakukan kegiatan yang menstimulasi standarisasi. Misalkan saja, kami ingin PUTRI Bali bisa diperhitungkan dan dilibatkan dalam kegiatan sertifikasi SDM yang ada,” jelas Inda.

PUTRI Bali mengatakan bahwa untuk standarisasi terdiri dari 2 kategori, yaitu komunal dan profesional. Untuk destinasi yang sifatnya profesional, kata dia, tentu telah ditata secara profesional sesuai standar di perusahaan. Untuk yang sifatnya komunal, cenderung dikelola masyarakat setempat memerlukan standarisasi yang baik dan benar.

Sehingga harus mendorong sinergi dengan pemerintah kabupaten/kota, agar daya tarik tersebut mampu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para wisatawannya.

“Kami ingin agar bagaimana mensertifikasi sumber daya tersebut, dan kedua menciptakan standar service yang baik. Bahkan menentukan price yang bagus, sehingga tidak terjadi price war yang berlebihan,” imbuh Inda.

Dengan sertifikasi dan standarisasi ini tersebut akan menjadikan destinasi dan wahana wisata memberikan service memuaskan dan bisa dipertanggungjawabkan apabila ada terjadi sesuatu. Ia pun mengajak beberapa asosiasi lainnya untuk melakukan sertifikasi ini, seperti Asita, HPI, PHRI, dan sebagainya.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button