Headline News

Ribuan Umat Katolik Jalani Misa Agung di Gereja Katedral

Ribuan umat Katolik hari ini, Jumat (19/4/2019) menjalani Misa Jumat Agung, di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Misa ini menjadi salah satu rangkaian perayaan Paskah.

Perayaan Jumat Agung pada hari ini dimulai dengan penghormatan salib bagi umat yang hadir dan penerimaan komuni pada pukul 08.00 WIB, Ibadat I pukul 12.00 WIB, Ibadat II pukul 15.00 WIB, dan Ibadat III pukul 18.00 WIB. 

Ibadah I pada pukul 12.00 WIB dipimpin oleh Romo Markus Yumartana dan Romo Joannes Maryana. Dalam khutbah Jumat Agung, Romo menyelipkan doa bagi para pemimpin negara.

“Marilah kita berdoa untuk semua pemimpin Negara. Supaya Allah dan Tuhan kita menerangi hati dan budi untuk mereka, agar mengusahakan kedamaian bagi kami semua,” ujarnya di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (19/4). 

Ia juga mendoakan agar pemimpin negara mendapatkan petunjuk dari Tuhan dalam menjalankan tugasnya. 

“Allah yang Maha Kuasa dan kekal, sudilah mendampingi para pemimpin Negara, supaya berkat bantuan-Mu di seluruh dunia terjaminlah kesejahteraan bangsa-bangsa, kepastian kedamaian, dan kebebasan beragama,” tuturnya. 

Pada tahun ini Ibadah Paskah mengambil tema “Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat”. Berhikmat merupakan anugerah dari Tuhan. 

Susyana Suwadie, Humas Keuskupan Agung Gereja Katedral Jakarta mengatakan, tema ini diharapkan mampu menjadi umat dengan pribadi yang berhikmat atau bijaksana.

“Tema ini membangkitkan kita menjadi pribadi, keluarga dan masyarakat agar semakin berhikmat lagi,” ujarnya saat ditemui oleh GenPI.co pada perayaan Kamis Putih.

Susy juga mengatakan, dengan berhikmat maka pribadi dan seluruh umat akan terangkat.

“Kita mensyukuri hikmat Tuhan atau anugerah yang diberikan, maka secara tidak langsung kita akan terangkat bersama Nya,” ujar Susy.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close