CultureLifestyleTechnology

Ridwan Kamil Ajak Pemuda jadi Pahlawan Digital

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil punya pandangan tersendiri tentang sosok pahlawan di era jaman now. Saat memberikan tausiyah pada Gerakan Subuh Jamaah Nasional (GSJN) di Masjid Salman ITB Bandung, Sabtu (3/11/2018). Emil, sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa pahlawan merupakan individu yang sudah selesai mendefinisikan kebutuhan dirinya sehingga dapat memberikan waktunya untuk masyarakat.

Bagi Emil, pahlawan di era 4.0 ini bukan lagi ada di dimensi kebebasan (memperebutkan kemerdekaan), tetapi ada di dimensi kemajuan. Ia menamakannya pahlawan digital. Menurutnya, pahlawan digital ini mampu menjadi penghubung antara masalah yang terjadi di masyarakat dengan solusinya.

“Saya melihat pahlawan digital adalah kesempatan emas bagi generasi milenial sekarang ini, karena tidak dimiliki oleh generasi sebelumnya,” kata Emil.

“Pahlawan digital ini adalah konektor, penghubung antara masalah dengan solusi, berbasis teknologi digital,” lanjutnya.

Emil mencontohkan, situs donasi kemanusiaan kitabisa.com yang mampu menghimpun sumbangan sebesar Rp4,5 miliar untuk Rohingya hanya dalam waktu empat hari, merupakan salah satu terobosan pahlawan digital yang patut ditiru.

Ada pula aplikasi ojek online Gojek, juga aplikasi yang mempromosikan masakan ibu-ibu yang tidak punya warung. Pencetus-pencetus kemajuan teknologi itulah uang dimaksudkan Emil sebagai pahlawan digital.

“Pahlawan hari ini beda dengan dulu, bukan perang-perangan lagi. Sekarang pahlawan bukan dimensi kebebasan, tapi dimensi kemajuan,” kata Emil.

 

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close