Headline NewsInvestmentTourism

RIF 2018 Resmi Dibuka, BKPM Dorong Investasi Sektor Pariwisata dan Lifestyle

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)  dan Kementerian Pariwisata, hari ini, Rabu, 14 Maret 2018, menyelenggarakan Regional Investment Forum 2018 (RIF) di Hotel Alana, Yogyakarta. Kegiatan untuk menarik investor ini dibuka oleh Kepala BKPM Thomas Lembong dan di damping Menteri Pariwisata Arief Yahya, Wakil Kepala Bekraf Ricky Pesik, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara.

Mereka yang mendampingi Thomas saat membuka acara, juga beritindak sebagai pembicara dalam forum ini.  Kali ini RIF mengangkat tema “Showcasing Investment Oppurtunities in Lifestyle and Tourism Industry”.  Dalam forum tersebut, BKPM mengundang  Ratusan investor potensial,  baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Para investor tersebut akan menjajaki potensi berinvestasi di Indonesia untuk  sektor gaya hidup dan pariwisata yang dipaparkan para pembicara.

Dalam jumpa pers kegiatan RIF, Kepala BKPM Thomas Lembong mengatakan Presiden Jokowi telah menyampaikan bahwa saat ini dunia sedang memasuki era lifestyle.

“Ini sangat dipengaruhi oleh jutaan orang di dunia yang naik kelas menjadi kelas menengah, sehingga mempengaruhi pola konsumsi dari belanja barang-barang menjadi belanja hiburan,” ujar Thomas

Menurut Thomas, belanja barang-barang branded yang biasa dilakukan oleh kelas menengah digantikan dengan selfie atau wefie atau vlog dengan latar belakang obyek pariwisata atau scenery wisata. “Ini menjadi peluang utama bagi dua sektor yang saling berkaitan ini, lifestyle yang menyangkut kuliner, fashion, hiburan serta sektor pariwisata,” lanjutnya.

Fenomena ini dibuktikan dengan bagaimana tiap tahun performa industri pariwisata di Indonesia terus meningkat, yang pertumbuhannya sangat kontras bila dibandingkan kinerja industri berbasis komoditas seperti minyak, gas, batu bara, serta kelapa sawit yang terus merosot. Berdasarkan data dari World Bank saat ini setidaknya 52 juta orang di Indonesia masuk dalam kelas menengah yang berkontribusi pada 43 persen dari total PDB Indonesia.

BKPM sendiri mencatat realisasi investasi di bidang industri pariwisata selama 5 (lima) tahun terakhir (2013-2017) rata-rata tumbuh sebesar 20% per tahun, dan khusus pada tahun 2017 tercatat peningkatannya mencapai 31% mencapai angka USD 1,7 miliar.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close