RSUP Adam Malik dan Arab Saudi Kerja Sama Operasi Jantung

0

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik di Medan, Sumatera Utara, melakukan kerja sama dengan King Salman (KS) Relief dan Muslim World League dari Arab Saudi untuk melakukan kegiatan sosial operasi jantung.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi bantuan dari Arab Saudi yang membantu melakukan operasi jantung di RSUP Adam Malik.

“Muslim World League dan King Salman Relief sangat membantu RS Adam Malik untuk melakukan operasi jantung,” ujar Menkes Budi, pada konferensi pers, Rabu (22/5).

Dalam praktiknya, KS Relief melakukan program bantuan medis kemanusiaan dengan melakukan operasi jantung di Kota Medan, Sumatera Utara. Pasien yang melakukan operasi jantung dalam kerja sama dengan Arab Saudi ini tidak perlu mengeluarkan biaya atau gratis karena sudah di-cover BPJS Kesehatan.

Kegiatan sosial operasi jantung ini berlangsung dalam tiga periode. Periode pertama berlangsung sampai 27 Mei 2024. Sementara itu, periode kedua pada 2-9 Juni 2024, dan periode ketiga pada 25 Juni sampai 1 Juli 2024.

Kegiatan sosial operasi jantung ini dilakukan oleh para tenaga medis ahli dan terkemuka di Arab Saudi. Para tenaga medis ini akan melakukan operasi jantung terhadap 15-20 pasien pada setiap periode.

“Kami menegaskan bahwa Kedutaan Arab Saudi terbuka untuk pelaksanaan program operasi jantung ini dan dengan senantiasa memberikan fasilitas kemudahan bagi terlaksananya kegiatan operasi jantung tersebut,” kata Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah.

Kerajaan Arab Saudi memiliki peran penting dalam membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia. Karena itu, Kerajaan Arab Saudi melalui KS Relief berkomitmen untuk memberikan bantuan di berbagai macam sektor di bidang kemanusiaan. (Sumber Kemenkes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *