DestinationInvestmentTransportation

Ruas Jalan Alternatif Seksi Helvetia-Marelan Bagian Jalan Tol Medan-Binjai Resmi Dibuka

Kabar baik bagi warga Sumatera Utara, khususnya warga Medan dan Binjai. Ruas tol Medan-Binjai seksi Helvetia-Marelan sudah dibuka fungsional, pada hari Minggu (10/6) siang. Dan tepat pada momen menyambut musim mudik Lebaran 2018, jalan tol Medan-Binjai ruas Helvetia-Marelan resmi dibuka untuk masyarakat umum. Dan bagi yang menggunakan ruas tol ini tidak akan dipungut biaya selama libur Idul Fitri 1439 H ini.

Masyarakat yang melewati tol sepanjang 2,7 km itu, tidak dipungut biaya, kita gratiskan kok,” kata Manajer Pelaksanaan Proyek Tol Medan-Binjai, Mahar Muliawan.

“Masyarakat Medan, Sumatera Utara, silahkan nikmati jalan tol seksi Marelan-Helvetia ini, kami buka mulai Minggu siang ini hingga tujuh hari setelah Lebaran Idul Fitri 1439 H, Meski tetap harus menggunakan kartu tol, lintasan dari pintu Marelan-Helvetia digratiskan hingga H+7 Lebaran,” tambahnya lagi kepada Eljohnnews.com.

Mahar Muliawan mengatakan pula bahwa, harapan pihaknya dengan dibukanya tol itu, menjadi alternatif baru bagi masyarakat untuk bepergian menuju Helvetia ke Marelan dan sebaliknya, apalagi untuk musim mudik Lebaran tahun ini.

“Dan dari tol Seksi Helvetia-Marelan ini,masyarakat dari Binjai maupun Sei Semayang bisa menuju Marelan dan menuju Belawan, Tanjung Morawa, Kualanamu hingga Sei Rampah dan Tebing Tinggi setelah nantinya masuk tol Belmera melalui Tanjung Mulia, dan begitu juga sebaliknya,” kata Mahar kembali menjelaskan.

Pantauan di lapangan, masyarakat masih sangat jarang yang melintas di sana.

“Mungkin mulai besok ya karena ini pun kita buka baru Minggu siang hari ini,” ungkap Mahar.

Sementara itu, Mahar mengatakan, dibukanya ruas Helvetia-Marelan itu dapat menjadi alternatif baru bagi masyarakat. Dari ruas ini, masyarakat dari Binjai maupun Sei Semayang bisa menuju Marelan dan Belawan, Tanjung Morawa, Kualanamu hingga Sei Rampah dan Tebing Tinggi setelah nantinya masuk tol Belmera melalui Tanjung Mulia.

Ruas ini pun, kata Mahar, akan dibuka sementara waktu hingga H+7 atau tujuh hari setelah Lebaran.

Mahar mengatakan, sejauhini, tol Medan-Binjai yang sudah dioperasikan masih dari Binjai hingga Helvetia. Terdapat bagian yang belum rampung, yakni dari Helvetia ke Tanjung Mulia dengan jarak sekitar 7 km.

Ruas Helvetia-Marelan merupakan bagian dari 7 km ini. Dengan difungsikannya ruas Helvetia-Marelan, maka pembangunan tol Medan-Binjai tinggal menyisakan jalur Marelan-Tanjung Mulia dengan jarak sekitar 4 km.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close