TechnologyTourismTravel

Safe Travel Aplikasi Wajib Sebelum ke Luar Negeri

Kemajuan teknologi sepatutnya memberikan berbagai kemudahan bagi manusia. Salah satu kemudahan yang ditawarkan teknologi moden adalah kemudahan dalam memperoleh informasi. Kementerian Luar Negeri dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, baru-baru ini meluncurkan sebuah aplikasi yang berguna bagi wisatawan atau warga Indonesia yang sedang berada di luar negeri.

Safe Travel merupakan sebuah aplikasi yang membantu Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang berada di luar negeri, baik untuk keperluan liburan, bisnis, atau bekerja. Aplikasi ini sudah bisa di unduh di platform Android maupun Apple.

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa mendapatkan informasi seputar tempat ibadah, kantor kepolisian, restoran, objek wisata, kurs mata uang, hingga status keamanan negara yang akan atau sedang dikunjungi. Untuk masalah yang benar-benar gawat, aplikasi ini juga menyediakan tombol panik atau Panic Button yang otomatis langsung mengirimkan informasi lokasi tempat pengguna ke kantor Kedutaan Besar Indonesia setempat.

“Kami memandang penting memanfaatkan teknologi dalam menghadapi situasi keamanan WNI dan TKI yang berada di luar negeri, baik untuk sementara ataupun menetap. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Lebih lanjut, Menteri Retno juga mengungkapkan bahwa pembuatan aplikasi ini terinspirasi dari bencan alam gempa bumi yang terjadi di Nepal, tahun 2015 lalu.

 

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close