Lifestyle

Komik RIXA Berisi Cerita Tentang Astronot Wanita Indonesia

Setelah hiatus selama enam bulan, komik ‘RIXA’ yang bekerja sama dengan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) kembali terbit di Majalah Kosmik. Komik ini mengangkat kisah perempuan astronot asal Indonesia yang bernama Antariksa.

Komik ‘RIXA’ karya Haryadhi mengisahkan perjalanan seorang anak perempuan untuk mewujudkan impiannya menjadi astronot. Rixa menjadi nama yang lebih sering digunakan untuk berinteraksi dengan kawan-kawan dari negara lain. Dia adalah perempuan Indonesia pertama yang dikirim dalam sebuah misi keluar angkasa. Haryadhi menuturkan komik ini sengaja diciptakan bagi siapa saja, khususnya perempuan.

“Saya tidak jarang melihat pendapat yang seakan membatasi ruang bagi perempuan untuk berperan. Saya membuat RIXA sebagai sosok perempuan mandiri yang cerdas dan inovatif yang bisa mendobrak pandangan ini. Saya harap komik ini bisa menginspirasi kita untuk lebih peduli pada isu kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, yang membuat perempuan hidup di dunia yang tidak menghalangi mereka untuk berkarya,” katanya dalam keterangan persnya, Senin (17/4).

Communication Officer of UN Women Indonesia, Radhiska Anggiana, dalam wawancara ekslusif dengan tim Kosmik pada Oktober 2016 lalu turut mengapresiasi kehadiran komik tersebut.

“Sejak awal melihat sampul bukunya, komik ini sesuai dengan nilai-nilai dari UN Women Indonesia yang mempromosikan isu kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan hak perempuan,” katanya.

“Suka banget RIXA! Saya sudah tertarik dari pertama kali liat cover-nya. Perempuan Indonesia dan astronot pula. Makin tertarik lagi setelah membaca, bagaimana RIXA, seorang perempuan yang ayahnya seorang buruh kebun, menghadapi segala tantangan untuk meraih cita-citanya sebagai seorang astronot perempuan,” pungkasnya.

Jelang perayaan Hari Kartini pada 21 April mendatang, komik ‘RIXA’ akan hadir sebagai desain sampul Kosmik 2nd Orbit Issue #4 yang rilis bulan ini.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button