PageantsTourism

Selamat, Jessy Silana Wongsodiharjo Raih Gelar Putri Pariwisata Indonesia 2020

Siapa yang menjadi Putri Pariwisata Indonesia 2020 akhirnya terjawab sudah, Ia adalah Jessy Silana Wongsodiharjo dari provinsi DKI Jakarta. Nama Jessy diumumkan sebagai peraih mahkota Putri Pariwisata Indonesia 2020 pada Malam Grand Final Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2020 yang digelar secara virtual dan disiarkan langsung EL JOHN TV. , Sabtu malam (5/12/2020).

Malam Grand Final berlangsung begitu semarak, dengan menampilkan atraksi hiburan, seperti pertunjukan alunan biola dari sang violinist Mia Hismi Halida, penampilan  singer ternama Kiel Dharmawel dan pertunjukan tarian daerah.  Puncak pemilihan ini,  juga dihadiri, antara lain  Menteri Pariwisata periode 2014-2019 Arief Yahya dan pejabat tinggi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta  Putri Pariwisata Indonesia 2019 Clarita Mawarni Salem yang pada malam itu tampil cantik dan anggun.

Tahun ini, pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2020 mengambil tema “The Spirit of Indonesia’s Tourism”. Tema tersebut  dipilih untuk membangkitkan kembali  sektor pariwisata yang terkena dampak pandemi Covid-19. Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2020 merupakan persembahan Yayasan EL JOHN Indonesia dan EL JOHN Pageants yang ke-13 kalinya.

Sebelum terpilih sebagai pemenang, Jessy harus melewati dua tahap yakni lolos di 10 besar dan 5 besar. Mereka yang lolos di 10 besar berdasarkan penilaian dari dewan juri. Ada 7 dewan juri yang  memilih 10 terbaik dari 32 finalis, mereka adalah Prita Kemal Gani, M.BA, MCIPR, APR (Founder dan CEO LSPR Communication and Bussiness Institute) sebagai Ketua Dewan Juri.

Kemudian untuk anggota dewan juri, diisi oleh    Coreta Louise Kapoyos (Ketua Umum Pernik Nusantara),  Dra Esthy Reko Astuty, M.Si (Retired Staff Ahli Calendar Of Events Kemenpar),  dr Elkendro Senduk, D.AAM, M.Kes (Doctor, Singer & Entrepreneur),  Drs Vincencius Jemadu, M.BA (Direktur Pemasaran Pariwisata Regional 1 Kemenparekraf), Rr Astari Indah Vernideani, M.IKom (Putri Pariwisata Indonesia 2017-Miss Tourism International 2018/19) dan Cindy Guinata, M.Ikom (Vice President Mandarin Division EL JOHN Indonesia), serta  Founder Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto sebagai juri kehormatan.

Pada finalis yang lolos di 10 besar harus menjawab pertanyaan yang diajukan dewan juri, seputar pariwisata dan kepribadian. Setelah finalis 10 besar menjawab, dewan juri  kembali memberikan penilaian untuk  mengerucutkan kembali menjadi 5 besar. Finalis yang lolos di 5 besar merupakan finalis yang memiliki nilai tertinggi, termasuk Jessy.

Di 5 besar, sesi menjawab pertanyaan kembali di jalani para finalis. Setelah itu, para dewan juri berunding untuk menentukan siapa yang berhak menyandang Putri Pariwisata Indonesia 2020 dan terpilih lah Jessy Silana Wongsodiharjo dari provinsi DKI Jakarta untuk meneruskan tugas Clarita Mawarni Salem selama satu tahun kedepan.

Selain Jessy, ada empat lagi yang juga mendapatkan gelar. Mereka adalah para finalis yang lolos di 5 besar, yakni Sarah Sentoso dari DKI Jakarta I meraih gelar Miss Cultural Tourism Indonesia 2020. Kemudian, Fannita Jaclin Posumah dari Sulawesi Utara yang mendapatkan gelar Miss Sport  Tourism Indonesia 2020. Dua finalis lagi, yakni Rahma Wulan dari Jawa Barat yang menyabet gelar Miss Marine Tourism Indonesia 2020 dan Julia Vika Gerliane Silooy dari Maluku yang meraih gelar Miss Culinary Tourism Indonesia 2020.

Jessy tak menyangka dirinya yang terpilih sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2020. Jessy sangat terharu mendengar namanya diumumkan sebagai pemenang.

“Saya terharu sekali, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua yang mendukung saya, semua pihak dari EL JOHN Pageants, lalu Pemerintah DKI Jakarta, semua panitia, para tim, videografer, make up artis juga, semua pihak yang telah membantu saya. Saya juga mengucapkan terima kasih juga kepada Tuhan Yesus yang telah memberikan kekuatan agar saya bisa berdiri dan berbicara seperti sekarang ini dan menjadi Putri Pariwisata Indonesia 2020 ini,” ucap Jessy saat diminta komentarnya oleh host setelah terpilih sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2020.

“Saya berharap semuanya masih tetap mendukung dan membantu saya agar saya dapat membawa pariwisata Indonesia ke dunia internasional, terima kasih,” tambahnya.

Sementara itu, Founder Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto mengucapkan selamat kepada peraih gelar Putri Pariwisata Indonesia 2020. Tokoh Pariwisata Nasional ini mengatakan, kesuksesan  pemilihan  Putri Pariwisata Indonesia 2020,  tak lepas dari pihak-pihak yang telah  mendukung kontes paling bergengsi di Indonesia ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada para Gubernur dari seluruh Indonesia, Kepala Dinas Pariwisata dari seluruh Indonesia yang telah mengirimkan finalis-finalis terbaik dari provinsinya untuk mengikuti ajang pemilihan Putri Pariwisata Tingkat Nasional,” kata Johnnie.

“Kepada Ketua Dewan Juri,  saya juga  sampaikan terima kasih, kepada para dewan juri terima kasih banyak, telah semangat mendorong Putri-Putri Pariwisata untuk berkompetisi dengan baik dan sangat sportif. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atas dukungannya, kepada para sponsor yang tetap semangat mendorongnya, saya ingin mengucapkan terima kasih. Kepada rakyat Indonesia, mari kita bangun pariwisata dengan semangat baru, ayo kita bersama-sama pasti bisa,” sambungnya.

Acara ini turut didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,   Parai Hotel & Resort, Istana Pool Villas Parai-Bangka, Roku Luxury, President University, Ekle’s Clinic, Sun Clinic, London School of Public Relations (LSPR) Communication and Bussiness Institute, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI),  Hakka Indonesia, Perkumpulan Hakka Sejahtera dan  TASYA Hot Spring Eco Park.

Selain itu, acara ini juga disuport oleh media-media yang berada di bawah naungan EL JOHN Media, yaitu  EL JOHN TV, EL JOHN News, Majalah Travel Club Inspira, EL JOHN Radio, EL JOHN Magz, EL JOHN Mandarin News, EL JOHN Radio Mandarin dan Radio HKTI.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close