Eco Tourism

Sembilan Titik di Somba Opu Tak Lagi Kesulitan Air Bersih

Sembilan titik yang tersebar di Kecamatan Somba Opu yakni di Samata dua titik, romang polong satu titik, Mawang satu titik, Pandang-pandang satu titik, Paccinongan satu titik, Katangka dua titik, dan Tombolo satu titik, kini tak khawatir lagi kurangnya Air Bersih. Pasalnya dengan dibentuknya Kelompok Pemeliharaan dan Pemanfaat (KPP) dibawah pengawasan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), melalui Program KotaKu (Kota Tanpa Kumuh) air bersih dapat mengalir ke sejumlah rumah di titik Kelurahan tersebut.

Titik pengadaan air bersih di Kelurahan Katangka, KPP Bontobiraeng contohnya, masyarakat bersinergi membuat reservoir (bak cadangan air) dengan kapasitas 9 kubik air dalam 24 jam nya.

Unit Pengelolaan Lingkungan Kelurahan Katangka, Abd Rahman Dg Masikki mengatakan, Reservoir ini berdiri atas swadaya masyarakat dengan Bantuan Dana Investasi (BDI) dan dana cosharing (APBD Gowa), serta mampu menjangkau 43 rumah.

“Alhamdulillah mereka lancar menikmati air dan masyarakat juga hanya membayar sesuai dengan penggunaan air meteran,” ungkapnya, Senin (3/12)

Selain itu, untuk pengembangan reservoirnya, KPP Bontobiraeng juga mengembangkan usaha Reverse Osmosis (RO) atau usaha air galon dan memiliki Hydrant (cadangan air untuk antisipasi kebakaran).

Ditempat yang sama Lurah Katangka, Karmila mengungkapkan, daerah Katangka merupakan daerah bebatuan, sehingga warga dulunya mesti membeli air galon untuk keperluan sehari-hari guna mendapatkan air bersih yang layak pakai.

“Ini semua masyarakat yang bekerja keras dan adanya KotakKu, alhamdulillah sekarang 43 rumah bisa menikmati air bersih 24 jam non stop, semoga bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang,” ungkap.

Salah seorang mayarakat penerima manfaat air bersih, Dg Baji mengaku sangat senang karena sudah bisa menikmati air bersih dengan gampang. Menurutnya hal itu seperti mimpi yang jadi kenyataan.

“Puluhan tahun lalu kami kurang menikmati air bersih, dan sekarang seperti mimpi tapi jadi kenyataan,” katanya.

Sementara itu, Kabag Humas Kerjasama Setkab Gowa Abdullah Sirajuddin yang melakukan kunjungan tersebut, mengatakan sangat salut dengan kerja-kerja kolaborasi yang telah dilakukan Korkot Kotaku di Kecamatan Somba Opu. Terbukti di 9 kelurahan yang krisis air bersih kini sudah mampu memiliki sumber air bersih dalam bentuk reservoir.

“Semuanya ada sembilan titik yaitu di Samata dua titik, romang polong satu titik, Mawang satu titik, Pandang-pandang satu titik, Paccinongan satu titik, Katangka dua titik, dan Tombolo satu titik. Semoga sarana air bersih ini membawa manfaat besar bagi masyarakat sekitar,” jelas Abdullah Sirajuddin.

Terpisah Korkot Kotaku Wilayah Gowa Takalar Nurliah Ruma mengatakan yang dibangun masyarakat secara swadaya ini merupakan hasil pengembangan dan perubahan mindset masyarakat.

“Kita berharap kerja kerja cerdas masyarakat tumbuh dan diikuti warga lainnya sebab semuanya akan kembali dinikmati masyarakat sendiri,” jelas Nurliah Ruma.

Selain mengunjungi Kelurahan Katangka, Kabag Humas Setkab Gowa didampingi Kasubag Peliputan Humas Gowa, dan Kasubag Pengaduaan Humas Gowa juga mengunjungi Kelurahan Pandang-Pandang, dan Kelurahan Tamarunang untuk mengecek pengadaan air bersih itu.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close