Technology

Sleman Luncurkan E-retribusi Pedagang Pasar Tradisional

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, meluncurkan e-retribusi untuk memudahkan pedagang pasar tradisional dalam membayar retribusi harian.

“E-retribusi adalah sistem pembayaran retribusi melalui bank secara langsung oleh pedagang pasar, baik melalui ATM atau ke teller,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman Tri Endah Yitnani, Rabu (11/7).

Menurut dia, rencananya e-retribusi ini akan diresmikan oleh Bupati Sleman Sri Purnomo berbarengan dengan pembukaan Pameran Potensi Daerah Sleman 2018 di Lapangan Denggung Kamis 12 Juli.

“Tujuan e-retribusi selain untuk mendukung Sleman ‘smart regency’ juga untuk meningkatkan akuntabilitas, efisiensi, kecepatan dan ketepatan pengelolaan retribusi,” katanya.

Ia mengatakan, e-retribusi ini diharapkan untuk bisa menekan kebocoran retribusi karena kadang lupa tidak disetor ke kas daerah dan mengganti sistem penarikan secara langsung.

“Saat ini SDM yang mengelola pasar dan bertugas melakukan penarikan retribusi pedagang pasar tradisional makin berkurang karena purna tugas,” katanya.

Tri Endah mengatakan, untuk tahap awal ini e-retribusi baru diterapkan di empat pasar tradisional yakni Pasar Sleman, Pasar Cebongan, Pasar Genan dan Pasar Prambanan.

“Sementara e-retribusi ini juga hanya untuk pedagang kios di pasar tradisional, sedangkan pedagang ‘tlasar’ di los masih ditarik retribusi secara langsung, hanya saja yang semula ditarik setiap hari menjadi satu minggu sekali,” katanya.

Ia mengatakan, besaran retribusi pasar tradisional di Sleman yakni sebesar Rp1.100 per hari, yang terdiri retribusi tempat dasaran Rp800 dan retribusi sampah atau jasa kebersihan Rp300.

“Pada tahun-tahun sebelumnya total pemasukan dari retribusi pasar tradisional ini mencapai Rp6 miliar per tahun, melalui e-retribusi ini kami harapkan bisa ada peningkatan pemasukan retribusi,” katanya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close