TourismTravel

Dari Status Nasional, Gunung Rinjani Diharapkan Jadi Global Geopark

Dalam waktu dekat ini, Indonesia akan mempromosikan geopark atau taman Bumi nasional Tanah Air dalam konferensi dan pameran jaringan taman Bumi global (Global Geoparks Network/GGN) yang diselenggarakan oleh UNESCO di Torquay, Inggris, 27-29 September.

Istilah Geopark (taman bumi), ini merupakan konsep yang diperkenalkan UNESCO dalam merawat kelestarian keunikan bentang alam, mendukung komunitas lokal, mempromosikan sains kepada generasi muda. Sementara untuk mendukung kesejahteraan masyarakat yang tinggal di area geopark.

Wisata Geopark ini makin diminati karena menawarkan pengalaman yang unik di mana para wisatawan dapat belajar mengenal lebih dekat mengenai sains atau ilmu bumi sekaligus kearifan lokal yang ada di sekitarnya.

Delegasi Indonesia akan mempromosikan keunggulan Geopark yang ada, seperti misalnya Geopark Rinjani, Geopark Merangin, Ciletuh-Palabuhan Ratu, Batur UNESCO Global Geopark, Geopark Toba, , Gunung Sewu Global Geopark, serta Aspiring Geopark Maros-Pangkep, serta Raja Ampat yang sedang berusaha meraih predikat Geopark Nasional.

Dalam kesempatan nanti, delegasi Indonesia juga akan memanfaatkannya untuk peningkatan status Gunung Rinjani yang saat ini baru ditetapkan sebagai geopark nasional dan akan berupaya untuk menjadi UNESCO Global.

Gunung Rinjani terletak di Lombok, Nusa Tenngara Barat yang memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (dpl). Gunung yang memiliki keindahan panorama ini juga di sebut – sebut sebagai gunung api aktif pertama di dunia yang di usulkan menjadi Geopark.

Deputi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Dr Ir Safri Burhanuddin DEA berharap lewat kesempatan itu status taman-taman bumi nasional Indonesia bisa ditingkatkan menjadi UNESCO Global Geopark.

Diharapkan bahwa delegasi Indonesia yang berasal dari kerjasama Kementerian Koordinator Bidang Maritim, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral dan Kementerian Pariwisata ini bisa membawa manfaat bagi pengembagan Geopark di Indonesia kedepannya.

Sejauh ini, Indonesia baru memiliki Geoprak yang sudah berstatus UNESCO Global diantaranya adalah Geopark Batur di Bali dan Gunung Sewu yang memiliki Karst dan gua di Jawa Tengah.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button