Investment

Sulsel – Taiwan Jajaki Kerjasama Perdagangan Komoditi

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan, Abd Malik Faisal mengikuti program Institute Diplomacy International Affair (IDIA) di Taiwan, 17-24 Maret 2019.

Malik Faisal mengaku, IDIA adalah program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Taiwan dengan Peserta Aparatur Pemerintah yang berasal dari negara-negara kawasan Asia Tenggara (South East Asia).

“IDIA merupakan program yang dilakukan pemerintah Taiwan dengan menghadirkan peserta Aparatur pemerintah, yang berasal dari negara kawasan Asia Tenggara, dengan tujuan memberi pengertian dan pemahaman akan posisi Taiwan di dunia Internasional, perkembangan pembangunan dan kerja sama pendidikan, sosial dan ekonomi dengan negara di Asia Tenggara,” ungkap Malik Faisal.

“Pada kegiatan itu juga dibahas peluang beberapa produk dari Sulsel yang memungkinkan masuk ke Taiwan seperti Kopi dan Coklat, sehingga ini menjadi peluang besar mengingat Sulsel mempunyai potensi komuniti tersebut,” lanjutnya.

Abd Malik Faisal lebih jauh mengaku selama kegiatan IDIA yang dilaksanakan dari tanggal 17 maret sampai 24 maret 2019, telah melakukan kunjungan kebeberapa tempat dan bertemu pimpinan pemerintah, pimpinan Universitas setempat seperti Walikota Taichung, Menteri Luar Negeri Taiwan, Rektor Tunghai University.

“Pengalaman yang sangat luar biasa dan berharga, mendapat kesempatan mengikuti program IDAI, karena selain dapat mengunjungi dan bertemu dengan pimpinan daerah dan pimpinan universitas, sekaligus mendapatkan ilmu baru serta membahas kerjasama yang bisa dilakukan dengan kedua negara antara Taiwan dan Indonesia, khususnya Sulsel,” pungkasnya.

Rombongan delegasi Indonesia sendiri terdiri dari Kementerian Tenaga Kerja, Kelautan dan Perikanan, Perdagangan, Bencana Alam, tiga dari pemerintah daerah yaitu Provinsi Jawa Timur, Sulsel dan Kota Malang, dua staf Sekretariat Kepresidenan, dan satu dari Sekretariat DPR RI, dan dipandu oleh Taiwan Economic and Tradr Office (TETO) Surabaya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close