Headline News

Sunjoyo Soe: Terapkan Self Discipline Dengan Benar Kunci Sukses Menjadi Pemimpin

Motivational Guru Sunjoyo Soe membagikan sebuah tips  menjadi seorang pemimpin yang baik, berkualitas, disegani dan menjadi panutan dalam memimpin sebuah perusahaan. Yang pertama seorang pemimpin harus memiliki self discipline  atau disiplin diri yang tinggi.

Hal tersebut penting karena ketika self discipline  diterapkan secara benar maka seseorang  menjadi pemenang dalam sebuah kepemimpinan

“President Harry Truman itu pernah mengatakan begini dia melihat dan membaca kehidupan-kehidupan orang-orang hebat, di luar sana, apa yang dia lihat, apa yang dia katakan akan menjadi kemenangan pertama untuk dira mereka masing-masing. Jadi semua yang lain yang ia dapatkan harus memulainya dengan self discipline, itu yang pertama,” kata CEO Ganesa Kalpataru Satya ini saat menjadi pembicara dalam program Indonesia Business Forum  secara virtual yang ditayangkan EL JOHN TV.  Program ini dipandu oleh Putra Kopi Indonesia 2019 Bagas Soripada.

Kemudian yang kedua, menurut Sunjoyo adalah bagaimana seorang pemimpin  dapat mengendalikan self control atau kontrol diri. Hal ini penting karena dapat mengontrol emosi seorang pemimpin. Dengan self control ini, seorang pemimpin dapat mengambil keputusan yang ideal.

“Bicara self control itu adalah satu bagian penting, komposisi yang paling penting di dalam self discipline. Disiplin itu akan mendahului sukses kepemimpinan. Itulah yang kita sebut price tag of leadership,” ujar Sounjoyo.

“Jika kita bicara dengan para pemimpin, semua tantangan terbesar dalam kepemimpinan itu adalah memimpin diri sendiri. Jadi anda berkaca orang itulah yang menantang anda, itu yang pertama. Yang kedua adalah, anda tidak bisa mengharapkan banyak dari orang lain, kalau anda tidak melakukannya, oleh karena itu self discipline itu akan menjadikan kita sebagai teladan sebelum kita menolong orang lain,” lanjutnya.

Sunjoyo menyebut, tidak sedikit pemimpin yang terjebak dalam potensi dirinya atau yang memiliki anugerah namun di tengah jalan harus berhenti. Kondisi itulah yang membuat kepemimpinannya tidak berjalan efektif. Untuk mengatasi itu, diberikan suatu  harga self discipline.

“Jangan mau menjadi pemimpin yang fast track, karena fast track dalam kepemimpinan sering sekali jatuh dalam hal-hal tidak kita bayar harga, semuanya kita serba instan. Kita ingin gampangnya, kita ingin mudahnya. Dan inilah tantangan paling besar bagi seorang pemimpin,” ungkap The John Maxwell Team Certified Coach ini.

Sunjoyo menjelaskan bahwa pengikut tidak menutup kemungkinan menjadi pemimpin, bahkan bisa jadi peluangnya lebih besar untuk seorang pemimpin. Yang terpenting pengikut maupun pemimpin dapat mengatur kedisipilnan dalam dirinya.

“Kalau kita bicara tentang pengikut dan pemimpin itu seperti pita yang punya dua sisi. Nah pita ini kalau saya puter 180 derajat, kalau saya tempelkan, kalau kita telusuri maka pipa itu akan jadi pemimpin menjadi pengikut, pengikut menjadi pemimpin. Jadi semua pemimpin adalah pengikut dan semua pengikut sebenarnya adalah pemimpin. Self dicipline ini adalah intinya,” terang Sunjoyo.Sunjoyo mengakui bahwa tidak mudah menerapkan self dicipline. Penuh pengorbanan yang harus dijalani agar kedisiplinan diri yang akan kita capat dapat terbangun secara optimal. Namun jika itu dapat dilakukan secara benar, maka harapan akan tercapai dan ke depan akan terbiasa dengan self dicipline.

“Nah ketika kita mengorbankan sesuatu yang berharga bagi kita yaitu kita mulai mendisiplinkan diri, itu paling berharga, tetapi harga yang sangat tinggi itu jangan sekali-kali kita memberikan kepada orang lain, kenapa, karena disiplin diri itu sulit, semua orang tau itu sulit, karena itu sulit maka tidak banyak orang yang melakukannya,” tutur Sunjoyo.

“Itu sebab saya ingin  sama-sama berjuang dengan keras terus mendaki mengenai kehidupan kita dan meraih yang disebut dengan kesuksesan, dengan cara apa challenging. Kita menghadap kesulitan, menurut saya ini akan menolong kita semua,” tutupnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close