Culinary Tourism

Sup Tradisional Khas Gorontalo Pas Dinikmati Saat Musim Hujan

Bagi kamu penggila kuliner nusantara, harus mencoba sebuah hidangan khas Gorontalo yang kaya dengan gizi nan lezat dengan isi berbagai macam sayuran. Campuran jagung, kemangi, tomat, ditambah, ikan cakalang atau udang menjadi kombinasi makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi.

Nama dari makanan ini adalah Binte Biluhuta, atau sering disebut juga Milu Siram.

Dilansir dari berbagai sumber, Binte Biluhuta dalam bahasa Gorontalo berarti jagung yang disiram. Sekilas terdengar biasa saja, namun rasa yang dimiliki Milu Siram ini akan memanjakan lidah para penikmatnya. Terdapat tiga macam rasa yang ditawarkan dari panganan yang satu ini, yaitu pedas, manis, dan asin.

Bagi para penikmat kuliner pedas, Binte Biluhuta merupakan jawaban cocok dari apa yang anda cari. Cabai rawit menjadi salah satu bumbu utama yang dicampurkan ke dalam kuah Binte Biluhuta, rasa pedas cabai ini akan memberikan rasa pedas dan hangat di lidah.

Di Gorontalo, hidangan ini jadi makanan sehari-hari. Penggunaan jagung sebagai bahan dasar karena provinsi Gorontalo merupakan daerah penghasil jagung terbesar di Indonesia. Tak hanya produksinya yang tinggi, kualitas jagung yang dihasilkan juga adalah kelas satu alias sangat bagus.

Selain jagung, binte biluhuta juga dibuat dengan campuran ikan. Jenis ikan yang kerap digunakan adalah ikan tuna, cakalang, tenggiri atau menggunakan udang. Bubur ini disajikan dalam keadaan hangat sehingga cocok jadi makanan penghangat kala cuaca dingin melanda seperti sekarang ini.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button