CultureDestinationHeadline News

Surabaya Cross Culture International Festival 2018 Tampil Memukau

Surabaya Cross Culture International  Festival 2018 yang dibuka oleh  Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Minggu, 15 Juli 2018, berhasil  menyedot perhatian ribuan warga Surabaya dan wisatawan, baik wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman). Di festival yang mengangkat tema Folk Art Festival  ini, warga Surabaya dan wisatawan disuguhkan  berbagai atraksi budaya dan seni kesenian tradisional yang bukan hanya ditampilkan perwakilan kota di Indonesia, namun juga oleh peserta mancanegara.

Peserta mancanegara yang ikut memeriahkan festival ini yakni Uzbekistan, Rusia, Selandia Baru, Singkawang, Bulgaria, Jerman, Banjarmasin, Polandia, dan Rumania. Mereka berlomba-lomba menampilkan atraksi budaya dan kesenian tradisional masing-masing peserta di sepanjang jalan Tunjungan, Surabaya.

Para  peserta mancanegara  ini, tampak sumringah dapat tampil dihadapan ribuan penonton.Usai menampilkan festival tari-tarian, para peserta menuju Balai Kota menggunakan becak hias.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengapresiasi Festival Surabaya Cross Culture International  yang tahun ini jumlah peserta meningkat. Hal ini membuktikan bahwa Surabaya sudah aman, dari teror yang pernah terjadi beberapa waktu lalu.

“Ini menunjukkan Surabaya sudah aman, dan ke depan jumlah peserta yang ikut semakin banyak,” ujar  Risma saat menjamu peserta Balai Kota lantai 2, Minggu, 15 Juli 2018.

Selain itu, menurut Risma, banyak jumlah peserta, khususnya dari mancanegara dapat membatu mempromosikan Surabaya ke dunia internasional, salah satunya sektor pariwisata.

“Kalau semakin banyak itu semakin bagus, karena Surabaya akan menjadi kota wisata,” tukasnya.

Menurut wali kota perempuan pertama di Surabaya ini, warga Surabaya sudah mengerti bahwa kotanya menjadi destinasi wisata sekaligus sebagai wadah pertukaran ilmu pengetahuan dan budaya.

“Ini terbukti dengan keramahan negara asing  saat menerima warga Surabaya,” imbuhnya.

Risma ingin event yang melibatkan negara lain diperbanyak di Surabaya, agar Kota Pahlawan ini semakin dikenal di dunia.

Selain Cross Culture, akan ada acara internasional lain yang diselenggarakan Kota Surabaya dalam waktu dekat. Antara lain, UCLG pada September yang dihadiri 150 negara, serta acara Start Up Nation Summit pada November yang akan dihadiri 100 negara dengan agenda pertemuan teknologi informasi.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close