TourismTravel

Surabaya Kota Pariwisata Terbaik di Indonesia

Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 memberikan penghargaan kepada Surabaya sebagai kota terbaik di bidang pariwisata 2018. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Jum’at lalu.

Menurut Kemenpar, Surabaya memiliki pertumbuhan wisatawan tertinggi di banding kota-kota lain di Indonesia. “Jadi penilaiannya sudah terlihat itu, kalau dari size dan pertumbuhan Surabaya tertinggi. Performasinya 40 persen,” ujar Menpar Arief Yahya.

Pernilaian dilakukan dengan memperhatikan empat indikator penilaian, yakni kinerja usaha pariwisata seperti akomodasi, makan, minum; Produk Domestk Regional Bruto (PDRB) dan tenaga kerja; dampak (dilihat dari data statistik BPS, Indeks Pariwisata Indonesia, Indonesia’s Attractiveness Awards; dan penghargaan berskala internasional dan nasional.

Juri Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 terdiri dari Ketua GIPI Didien Djunaedy, Perwakilan dari Institut Teknologi Bandung Budi Faisal, Perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri Gunawan, Perwakilan Badan Pusat Statistik Adhi Wiriana, dan Perwakilandari Kemenpar Frans Teguh.

Hasilnya terpilih 10 Kabupaten pariwisata terbaik yakni Kabupaten Badung, Kabupaten Sleman, Kabupaten Banyuwangi, kabupaten Bogor, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Bandung.

Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 merupakakan bentuk komitmen penghargaan kepada Kabupaten atau kota yang memiliki komitmen, performansi, inovasi, kreasi, dan leadership dalam membangun dan mengembangkan pariwisata daerah.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close