CinemaEconomicHeadline News

Talkshow Torino Film Lab Dorong Sineas Tanah Air Makin Kreatif

Torino Film Lab (TFL) hadir menyapa masyarakat Surabaya diBekraf Festival (Bekfest) 2018. Dua narasumber utama berbagi informasi seputar cara pendaftaran, pengajuan proposal, hingga proses pitching.

Film merupakan salah satu industri kreatif dengan pertumbuhan yang cukup pesat. Apalagi setelah pemerintah mencabut film dari Daftar Negatif Investasi (DNI). Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pun menggandeng TFL untuk meningkatkan kualitas film Tanah Air.

Kerja sama tersebut berupa program Future Lab dan Script Lab yang akan menempatkan dua tim pembuat karya film untuk mengikutiresidential workshop. Melalui workshop tersebut tim yang dikirim akan mendapat pelatihan dan pendidikan, berupa konsultasi untuk berbagai macam aspek pembuatan dan pengembangan film.

“Deadline Script Lab pada 1 Desember sedangkan deadline Future Lab sekitar Februari atau Maret. Informasinya bisa diakses di website TFL dan Bekraf. Pendaftaran hanya menyertakan ide cerita dan rencana kerja atau blue print, tidak sampai pada pembuatan film,” ungkap Produser Film, Meiske Taurisia di Ruang Serbaguna Sedang di Grand City Convention and Exhibition Surabaya, Sabtu, 17 November 2018.

Produser film Aruna dan Lidahnya ini mengatakan tidak ada batasan tema terhadap ide cerita yang diajukan ke TFL. Namun dalam pengangkatan suatu isu harus bisa menjelaskan kenapa cerita tersebut harus diangkat, apa yang ingin diceritakan, dan bagaimana cara bercerita.

Dia menilai film yang berkualitas adalah film yang mengangkat isu yang relevan dengan hal-hal yang terjadi saat ini. Dalam pembuatan film pertama bisa menggunakan pengalaman pribadi.

Sutradara Film sekaligus Pemenang TFL 2017, Makbul Mubarak, mengatakan saat mengikuti workshop di luar negeri, peserta akan didampingi 16 mentor yang membantu mulai dari sinematografi, editing, bahkanpost production meskipun produksi film belum selesai.

“Banyak pengalaman berharga yang diperoleh selama mengikuti kegiatan tersebut. Apalagi saat Bekraf telah bekerja sama dengan TFL sehingga jika lolos, cukup membawa diri karena biaya akan difasilitasi pemerintah,” kata dia.

Bekfest 2018 merupakan ajang bagi Bekraf untuk menyampaikan hasil capaian kinerjanya kepada masyarakat dalam menguatkan ekosistem ekraf nasional. Selain itu, acara ini juga sebagai apresiasi kepada pelaku ekraf yang turut berkontribusi dalam kemajuan ekraf Indonesia. Sebanyak 45 program unggulan Bekraf unjuk gigi di Grand City Surabaya pada 15-17 November 2018. Pengunjung juga bisa menyaksikan berbagai hiburan secara gratis, seperti Andra and The Backbone, Kapital Band, Heavy Monster,modern dance, dan lainnya. (Sumber Bekraf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close