DestinationHeadline NewsTourism

Tambah Wisata Religi, Bandung Hadirkan Kampung Wisata Al Quran

Meski memiliki banyak destinasi wisata, Bandung sepertinya tak henti-hentinya melahirkan destinasi baru. Pada Senin (12/8/2019), sebuah destinasi baru di Jalan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong diresmikan oleh pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Destinasi itu bernama Kampung Wisata Al Quran.

Menggandeng perusahaan percetakan Al Quran, Syaamil Group, Kampung Wisata Alquran ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Tak sekadar terkait wisata, kampung ini hadir juga sebagai upaya mewujudkan Bandung Agamis. Karena Kecamatan Kiaracondong juga meluncurkan program Lingkungan Cinta Al Quran, Kampung Bebas Buta Huruf Al Quran, dan Hafiz Quran di setiap kelurahan.

“Para wisatawan bisa mendapatkan penjelasan bagaimana pembuatan Alquran. Ini juga mendukung salah satu visi Kota Bandung yang agamis,” kata Yana usai peresmian.

Yana menyebut, kehadiran destinasi ini menambah daftar wisata halal atau religi di Bandung.  Kendati memiliki konsep religi, destinasi ini tetap tak menghilangkan kearifan lokal.

“Ini harus menjadi penopang tegaknya visi Bandung yang Unggul, Nyaman, Sejahtera, dan Agamis,” tuturnya.

Yana juga berharap destinasi ini dapat menumbuhkan minat masyarakat membaca Alquran dan juga mengurangi masyarakat yang buta terhadap huruf Al Quran.

“Kampung wisata Al-Quran ini, merupakan wisata kampung yang kami buat bagaimana warga masyarakat disini bisa mencintai Alquran dan merupakan masyarakat yang hafiz Alquran dan masyarakat yang tidak buta huruf Alquran,” kata Rina.

Hal senada juga dilontarkan Pemilik Syamil Group, Riza Zacharias. Riza menjelaskan di  Kampung Wisata AlQuran ini, semua pengunjung dapat belajar tanpa pandang usia.

Kami membina warga khususnya bapak-bapak di atas 40 tahun. Dari huruf Al Quran sampai bisa membaca. Kami berikan kemudahan sampai lulus dari yang tidak bisa menjadi bisa,” katanya

Riza menerangkan wisata ini terjadwal, setiap Rabu dan Kamis. Jadwalnya pagi, siang, dan sore. Pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah paket wisata.

“Biasanya sampai Sedangkan Pemilik Syamil Group, Riza Zacharias menerangkan, Wisata Al Quran sudah terjadwal empat rombongan yang datang ke sini. Mereka berkeliling pabrik pembuatan Al Quran dan belajar Alquran,” ungkapnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close