BusinessDestination

Terungkap, Ini Strategi Kemenpar Genjot Wisman India

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada semester I 2017 meningkat 22,42 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Dari jumlah 6,48 juta kunjungan itu, wisatawan asal India tercatat yang paling tinggi pertumbuhannya.

Apa yang membuat wisatawan ‘Bollywood’ itu tertarik? Apa saja faktor yang mendorong mereka untuk plesir? Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata Vinsensius Jemadu punya jawabannya.

VJ. Sapaan akrab Vinsensius Jemadu mengatakan, dari jumlah tersebut mayoritas kunjungan masih menyasar Pulau Dewata, Bali. Berdasarkan data BPS Provinsi Bali, hingga Juni 2017 wisatawan asal India tercatat sebanyak 129.727 wisatawan.

Jumlah tersebut naik 39,90 persen dibanding semester sama tahun sebelumnya yang tercatat 92.371 orang.

“Hal ini karena ada kesamaan mayoritas penganut agama Hindu sehingga menimbulkan proximity (kedekatan) budaya yang kental antara masyarakat India dan Hindu di Bali. Dan ditunjang dengan adanya air connectivity dari Denpasar ke berbagai kota di India,” ujar VJ, Selasa (22/8).

Dari paparan VJ, sejak Desember lalu, Garuda Indonesia sudah melayani penerbangan dari Denpasar-Mumbai. Kemudian tidak lama berselang, Air Asia juga membuka penerbangan ke Mumbai dan Denpasar-Kolkata. Dan satu bulan setelahnya giliran Batik Air menerbangi Denpasar-Chennai.

“Ini artinya roadshow yang dijalani Menpar (Arief Yahya,red) hasilnya benar-benar luar biasa. Karena itu kami akan terus mendorong airlines, khususnya LCC untuk terbang ke beberapa kota besar India ke destinasi-destinasi yang sesuai dengan market profiling mereka,” ujar VJ.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button