Headline News

The Climate Foundation Ingin Kembangkan Industri Rumput Laut Sulsel

Perwakilan The Climate Foundation dan CEDUS Sulawesi Project menemui Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, di Kantor Gubernur, Kamis (14/3). Mereka menyampaikan keinginannya untuk mengembangkan rumput laut di Sulsel.

Kevin Lovett, Perwakilan The Climate Foundation dan CEDUS Sulawesi Project, memaparkan tentang pengembangan kembali industri rumput laut melalui peningkatan stok ketahanan rumput laut lokal. Iapun bermaksud melakukan riset mengenai teknologi upwelling buatan, untuk menghasilkan rumput laut yang berkualitas.

“Kami juga berharap ini berpotensi menjadi destinasi ekowisata, mengingat kehidupan laut yang berlimpah dan beragam yang akan ditemukan di dekat mereka. Ini membuka kemungkinan model pendanaan tambahan untuk pembangunan platform, penyebaran dan pemeliharaan,” paparnya.

Olehnya itu, kata Kevin, rumput laut dengan nutrisi yang lebih baik akan berdampak kepada ikan yang lebih baik juga. Dan pada akhirnya, bisa berdampak kepada para nelayan, terumbu karang.

“Permakultur laut menjadi seimbang,” jelasnya.

Kevin menjelaskan, alat tersebut dipasang agak jauh dari laut, sekitar 12 kilometer dari pantai dengan kedalaman 200 sampai 300 meter. Setelah itu, dilakukan monitoring dua kali setiap minggu.

“Kemungkinan kita siapkan satu atau dua orang yang bertugas menjaga alat tersebut,” imbuhnya.

Menanggapi rencana tersebut, Andi Sudirman mengatakan, teknologi ini baik untuk masa depan rumput laut, dalam jangka waktu yang panjang. Menurutnya, rumput laut yang ada di Sulsel kekurangan nutrisi dan salinitas tinggi.

Iapun mengizinkan untuk dilakukan feasibilty study terlebih dahulu, dan riset untuk menguji penggunaan alat tersebut. Sekaligus berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Balitbangda Sulsel.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala Pengolahan Rumput Laut Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dan Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Koordinator Bidang Pertanian dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat Abdul Haris Bahrun

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button