Headline NewsInvestment

Timur Tengah Siapkan Dana Investasi US$ 5 Miliar di Indonesia

Indonesia kembali dapat angin segar di bidang investasi. Sebuah lembaga keuangan negara Timur Tengah dan negara Islam, Islamic Corporation for the Development of Private Sector (ICD) telah menyiapkan dana sebesar 5 miliar USD untuk investasi proyek-proyek strategis di Indonesia.

Peluang ini pun tidak disia-siakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat  setelah mengetahui informasi ini. Informasi diketahui saat digelar acara West  Java Investor Forum di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat, 6 Oktober 2017. Acara ini merupakan hasil kerjasama Pemprov Jawa Barat dengan Bank Indonesia dan ICD. Forum ini bertujuan untuk memamerkan proyek-proyek pembangunan infrastruktur di Jawa Barat yang berpeluang untuk ditanamkan investasi.

Utusan khusus Presiden RI untuk negara-negara Timur Tengah dan OKI Alwi Shihab mengvatakan alokasi  5 miliar US dollar yang disediakan ICD harus benar-benar dikejar karena dapat  mendongkrak perekonomian nasional.

“ICD menyediakan alokasi 5 miliar dollar AS untuk proyek di Indonesia baik yang sifatnya pemerintah maupun swasta. Ini yang harus dikejar. Kita harap forum ini nanti bisa menjadi jembatan yang baik untuk mengetahui lebih lanjut bahwa Provinsi Jawa Barat adalah tempat investasi dan destinsi yang baik untuk mereka,” kata Alwi Shihab di Gedung Sate, Jumat siang.

Lebih lanjut Alwi menambahkan, beberapa investor asal Timur Tengah sudah beberapa kali meninjau lokasi-lokasi target investasi di Jawa Barat.

“Mereka datang kemari untuk meninjau dan mereka sudah senang. Ini yang harus dikejar terus karena ada beberapa pertanyaan yanag harus dijawab menyangkut lokasi tanah,” ungkapnya.

Alwi menambahkan, negara-negara dan perusahaan asal Timur Tengah tertarik untuk berinvestasi dalam pengembangan sektor pariwisata di Jawa Barat. Menurut dia, Jawa Barat memiliki potensi wisata yang cukup menarik ketimbang harus berinvestasi di lokasi wisata lainnya seperti Bali.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menambahkan, investasi dari ICD bakal diarahkan ke proyek-proyek pembangunan infrastruktur. Hal tersebut bertujuan agar pengembangaan sektor pariwisata di Jawa Barat bisa lebih cepat.

“Kalau di lihat proyek yang ada disini sangat banyak khususnya infrastruktur seperti LRT Bandung Raya  juga BIJB di Kertajatim Kemudian kita lihat juga beberapa ruas jalan tol. Ini yang kita harapkan ke depan tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di Jawa Barat yang sekian banyak objek wisatanya sangat menarik,” tutur Deddy.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button