Headline News

Tingkatkan Keamanan di Malioboro, Polresta Yogyakarta Bentuk Tim Patroli Sepatu Roda

Polresta Yogyakarta terus melakukan upaya untuk membuat masyarakat merasa aman dan nyaman saat beraktivitas sehari-hari. Satu di antaranya dengan menggiatkan kegiatan patroli di berbagai titik Kota Yogyakarta, khususnya di titik keramaian dan tempat-tempat wisata. Karenanya, Polresta Yogyakarta melakukan inovasi dengan membentuk Tim Patroli Sepatu Roda, di mana tim tersebut akan berpatroli di kawasan Malioboro, Tugu Pal Putih dan Keraton. Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Armaini, SIK mengatakan, bahwa Tim Patroli Sepatu Roda tersebut telah dibentuk sejak tiga minggu yang lalu.

Menurutnya, dibentuknya tim tersebut sesuai dengan amanat dari Presiden Joko Widodo yang dibacakannya tadi terkait negara yang harus hadir di tengah-tengah masyarakat. Ia menilai, penjabaran negara hadir di masyarakat adalah seperti halnya Polri yang merupakan alat negara dan selalu meningkatkan kegiatan dalam melaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat.

Lanjutnya, upaya tersebut satu di antaranya adalah dengan melakukan kegiatan patroli di tengah-tengah masyarakat agar merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas sehari-hari.

Menurutnya, tidak semua tempat dapat dipatroli dengan menggunakan kendaraan bermotor, seperti halnya kawasan Malioboro yang cenderung ramai pejalan kaki. “Di Malioboro kan sulit untuk patroli dengan bermotor, bermobil bahkan bersepeda. Bisanya patroli jalan kaki, tapi kan dari teteg sampai nol kilometer itu panjangnya sekitar 1,4 KM. Jadi kami berinovasi dengan menciptakan tim patroli sepatu roda,” katanya pada eljohnnews.com, Rabu (11/7/2018).

Sambungnya, alasan lain tim tersebut dibuat karena sesuai dengan motto Polri yaitu profesional, modern dan terpercaya (Promoter). Di mana pelaksanaan tugas-tugasnya dilakukan dengan cara modern yang memudahkan polri dalam melaksanakan tugasnya.

“Dengan dibentuknya tim patroli sepatu roda ini mudah-mudahan dapat meningkatkan kinerja anggota dalam berpatroli di sekitaran Malioboro, khususnya pedestrian. Selain itu, dapat memberikan rasa aman ke masyarakat dan wisatawan kalau Polisi itu selalu hadir di tengah-tengah masyarakat,” ucapnya.

Mengenai anggota tim patroli sepatu roda, diungkapkan Kapolresta bahwa terdiri dari personil kesatuan Sabhara. Selain itu, dengan berpatroli menggunakan sepatu roda dapat meningkatkan stamina dan fisik anggotanya.

“Tim terdiri dari satu regu, berisikan 11 personil Sabhara yang terdiri dari satu komandan regu (Danru) dan 10 personil. Kedepan tidak hanya tim patroli sepatu roda saja, tapi akan pakai segway untuk patrolinya,” ujarnya.

Disinggung mengenai kapan tim patroli sepatu roda diterjunkan, Kapolresta mengungkapkan sesegera mungkin menerjunkan tim patroli tersebut. “Sudah hampir siap, latihan-latihan juga sudah dilakukan karena tidak mudah patroli pakai sepatu roda. Untuk waktu patrolinya dari pagi sampai malam secara bergantian,” tambahnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close