CultureHeadline News

Tingkatkan Kecintaan Terhadap Perangko, Pos Indonesia Bersama Kantor Filateli Jakarta Gelar Jakarta Stamp Show 2022

Setelah sempat tertunda dua tahun akibat pandemi Covid-19, PT. Pos Indonesia dan Kantor Filateli Jakarta kembali menyelenggarakan Jakarta Stamp Show 2022.  Event yang dilangsungkan di Perpustakaan Nasional Jakarta ini, dibuka oleh Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov DKI Jakarta Wahyu Haryadi pada Jumat (22/07/2022).

Event ini, terselenggara berkat kerjasama Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI), Komunitas Filateli Kreatif Indonesia (KOFKI), Komunitas Postcrossing Indonesia dan Perpustakaan Nasional.

Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov DKI Jakarta Wahyu Haryadi menyampaikan apresiasi dari Gubernur DKI Jakarta atas terselenggaranya event yang penuh edukasi ini. Diharapkan Jakarta Stamp Show 2022 dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap perangko, khususnya generasi muda yang tingkat ketertarikannya akan perangko masih kurang karena disrupsi teknologi digital.

“Atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, saya mengucapkan selamat atas terselenggaranya pameran Jakarta Stamp Show 2022, mewakili Gubernur DKI Jakarta, saya menyampaikan apresiasi kepada PT. Pos Indonesia dan Komunitas Filateli yang terus melakukan upaya aktif memperkenalkan perangko kepada masyarakat, terutama kepada generasi muda saat ini, yang jarang mengenal perangko karena mulai berkurangnya penggunaan perangko untuk mengirim surat,” kata Wahyu dalam sambutannya.

Wahyu juga menyampaikan penghargaan kepada PT. POS Indonesia yang tidak pernah putus dalam pelayanannya menggunakan perangko maupun produk Filateli lainnya. Layanan tersebut menjadi upaya yang baik untuk mempertahankan fungsi perangko.

“Kegiatan Filateli menarik untuk diselenggarakan, agar generasi muda dapat mengenal perangko baik dari segi kegunaan, sejarah serta desain perangko dari zaman ke zaman, walaupun penggunaan perangko sekarang tidak massif seperti dulu, ternyata PT. Pos Indonesia masih menyediakan layanan Filateli, yaitu berupa penjualan perangko dan berbagai macam produk Filateli seperti kartu pos, kartu telpon  dan lain-lain,” terang Wahyu.

Apresiasi terhadap penyelenggaraan Jakarta Stamp Show 2022 juga disampaikan Corporate Secretary Pos Indonesia Tata Sugiarta. ia menilai event ini, dapat meningkatkan literasi anak, pasalnya produk Filateli yang ditampilkan tidak sekedar memperlihatkan desain, namun ada narasi-narasi yang dapat menambah wawasan dan keilmuan bagi generasi muda.

“Event ini sangat tepat sekali diselenggarakan di Perpustakaan Nasional, karena antara Filateli dengan literasi itu sangat kuat. Kalau kita lihat di sini benda pamernya itu kan tidak hanya perangko yang dipamerkan, tetapi perangko dengan tulisan artinya itu adalah iterasi,” kata Tata.

“Jadi kalau kita lihat pameran ini keren sekali Jakarta Stamp Show diadakan di Perpustakaan Nasional sudah tepat dengan area yang luas sehingga orang yang bergelut di bidang literasi juga melihat ada literasi lain dalam bentuk perangko,” sambungnya.

Jakarta Stamp Show 2022 digelar selama tiga hari (22-24 Juli 2022) dengan mengangkat tema “Menjelajah Dunia Dengan Perangko”. Selama pelaksanaannya Jakarta Stamp Show menampilkan pameran Filateli tentang Jakarta, pameran filateli kreatif KOFKI, pameran kartu telpon dan pameran kartu pos postcrossing KPI.

Pada hari Sabtu (23/07/2022)  dilakukan sosialisasi filateli dan pada hari Minggu (24/07/2022), akan digelar talkshow yang menghadirkan narasumber dari filatelis, KOFKI dan KPI serta ditampilkan secarik perangko tempo dulu, kini dan yang akan datang.

Ketua Pelaksana  Pameran Jakarta  Stamp Show Siti Aisyah mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung terselenggarakan Jakarta Stamp Show 2022.

“Dengan rendah hati, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu sekalian atas dukungannya baik moril maupun materil, sehingga kami bisa menyelenggarakan Jakarta Stamp Show 2022. Khususnya kepada Perpustakaan Nasional yang telah mengizinkan menggunakan beberapa ruangan untuk kegiatan ini. Pada kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan terima kasih dan salut kepada teman-teman panitia, sehingga Jakarta Stamp Show 2022 bisa terwujud dan terlaksana dengan baik,” ujar Siti.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button