DestinationHeadline NewsTravel

Tingkatkan Promosi Pariwisata, Disparbud Babel Belar Famtrip Bersama ASITA dan Media

Family Trip yang digagas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kepulauan Babel pada27 Juli hingga 1 Agustus, 2019 berlangsung sukses. Di Famtrip ini, Disbudpar mengandeng sejumlah travel agent yakni travel Bangka, 5 travel Belitung dan 4 travel nasional. Para travel itu, merupakan travel yang masuk keanggotaan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia ( ASITA ). Selain travel agent, ada 4 media massa yang juga dirangkul di kegiatan ini.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan promosi potensi pariwisata di Babel. Kabid Pemasaran Pariwisata, Fajri Djaga Hitam,  mengatakan Famtrip merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Babel, baik wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).  Selain itu, kegiatan ini juga efektif dalam mempromosikan suatu destinasi.

“Dengan menggunakan media dan travel agen yang tergabung di Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) kami berusaha menarik wisatawan nusantara dan mancanegara. Kami berharap untuk tahun-tahun kedepan kegiatan ini agar terus berlanjut,” ujar Fajri saat membuka gala Dinner di Tankasteel, beberapa waktu lalu.

Fajri bersyukur, Babel memiliki  faktor pendukung untuk menumbuhkan sektor pariwisata. Terdapat tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) menjadi salah satu dari faktor tersebut. Ketiga KEK itu yakniTanjung Gunung di Bangka Tengah, Tanjung Kelayang di Belitung, dan KEK Pantai Timur Bangka.

Bukan hanya KEK, Babel juga memiliki banyak event pariwisata, tiga diantara masuk dalam Calendar of Event (CoE) nasional yakniBangka Culture Wave, Festival Tanjung Kelayang, dan Toboali City on Fire. Hasil setiap event berlangsung, tidak sedikit wisnus dan wisman yang berdatangan ke Babel.

Bangka Belitung yang memiliki berbagai potensi wisata ini, maka sudah saatnya Babel beralih dari sektor tambang menjadi sektor pariwisata. Mengingat Babel sebagai provinsi kepulauan, maka akan lebih menonjolkan wisata pantai, wisata air, dan sedikit perbukitan.

Untuk mendukung keberhasilan pariwisata ini, Fajri mengatakan siap berpartner kepada para jaringan agen travel yg ada di Indonesia maupun manca negara untuk menjalin kerjasama.

“Kami berharap teman-teman travel dapat menyelenggarakan pameran yang bersifat nasional maupun internasional. Kami siap berpartner untuk menyelenggarakan hal tersebut,” tutup Fajri

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close