Investment

Tol Dalam Kota Bandung Memasuki Tahap Pembahasan Tataruang

Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang membahas masalah tataruang Tol Dalam Kota Bandung yang menghubungkan Jalan Tol Pasirkoja dengan Jalan Surapati. Tol dalam kota ini akan terintegrasi dengan Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR).

Terkait masalah biaya, Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan proyek jalan tol sepanjang 15 kilometer tersebut sebagian dananya akan dibiayi dari pihak swasta PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. “Ini tidak menggunakan APBN dan APBD, tapi keuangannya investasi dari pemrakarsa atau pihak swasta. Sekarang tinggal dibahas menyangkut kesesuaian dengan tata ruang,” ujar Iwa.

Pembangunan tol dalam kota ini, katanya, hanya menggunakan median jalan yang sudah tersedia untuk pembangunan tiang jalan sehingga tidak membutuhkan pembebasan lahan.
Iwa menuturkan tol dalam kota ini akan terintegrasi dengan BIUTR yang perkembangannya baru selesai pembebasan lahan sepanjang 2,1 kilometer di Gedebage, yakni di Km 149 dan dalam proses pembangunan lanjutan oleh Summarecon sepanjang 2,5 kilometer di atas tanah yang dibebaskan Pemprov Jabar. 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button