DestinationFoodHeadline News

Toraja Coffee Festival 2018: Festival Kopi Terbaik dan Termahal di Dunia

Sulawesi Selatan kembali akan mengadakan Festival Kopi Toraja (Toraja Coffee Festival ) 2018 di situs agrowisata Pango-Pango di Makale, Tana Toraja, pada tanggal 20 – 22 Juli 2018.

Festival Kopi Toraja (Toraja Coffee Festival ) 2018 akan diisi dengan serangkaian kegiatan mulai dari bazar berbagai sajian kopi yang bisa dinikmati pengunjung secara gratis, kompetisi barista, belajar mengenali cita rasa kopi, dan talkshow seputar kopi. Selain kegiatan utama, akan ada juga kegiatan pendukung yang tidak kalah menariknya seperti pertunjukan kesenian tradisional, penampilan band lokal, parade lampu hias, dan stand foto boat.

Tujuan penyelenggaraan Toraja Coffee Festival 2018 untuk mempromosikan Toraja selain terkenal atas pemakamannya yang paling unik, Toraja juga memiliki kopi toraja yang telah banyak diminati di dunia.

Menurut Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae, kopi Arabika Toraja diekspor ke beberapa negara, termasuk Finlandia, Denmark, Swedia, Belanda dan Jepang.

“Ini membuktikan pengakuan kopi toraja di seluruh dunia,” katanya.

“Ada lebih dari 5.000 restoran dan kafe di Jepang yang menyajikan kopi Toraja. Jadi, mungkin untuk mengembangkan wisata kopi dan festival ini merupakan langkah awal,” kata Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata di Kementerian Pariwisata.

“Di Jepang, kopi Toraja adalah kopi termahal, satu cangkir dengan harga Rp 169.000 ($ 12,67). Kita bisa membuat tur yang mengeksplorasi Kopi Toraja, menjual keindahan Toraja melalui kopi, “tambah Esthy.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga berharap kopi Toraja bisa mendongkrak pariwisata lokal. “Kita bisa mengajak wisatawan untuk memanen kopi, melihat penanaman, pemetikan dan pengolahan biji kopi untuk diri mereka sendiri. Ini akan membawa pariwisata kopi Toraja ke tingkat yang baru,” katanya.

Terletak 300 kilometer sebelah utara Makassar, ibu kota provinsi Sulawesi Selatan, Tana Toraja dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan, yang terletak 1.700 meter di atas permukaan laut.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close