Headline NewsLifestylePageantsTourism

Tutup Karatina, Martinus Johnnie Sugiarto Berharap Finalis P3N 2022 Lakukan Kontribusi Nyata Untuk Pemulihan Parekraf

Karantina tatap muka Putra Putri Pariwisata Nusantara 2022 pada Minggu (12/06/2022) resmi ditutup. Penutupan karantina ini, dilakukan usai digelarnya Grand Final pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2022 yang dilangsungkan di Casa Grande Ballroom, Merlynn Park Hotel Jakarta pada Sabtu malam (11/06/2022).

Sebelum ditutup, para finalis kembali mendapat wejangan dari Ketua Umum Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto. Wejangan yang disampaikan yakni para finalis harus memiliki keberanian untuk melakukan hal yang baru yang sekiranya dapat berguna bagi masa depan. Generasi muda umumnya tidak terikat dengan masa lalu sehingga tidak ada beban disaat menjalankan hal yang baru.

“Kuncinya adalah anak muda tidak terikat dengan masa lalu itu kunci yang paling besar. Karena dia tidak terikat dengan masa lalu dia berani mencoba. Karena kehidupan kita Cuma dua kemungkinannya sukses atau gagal. Anak muda karena tidak terikat dengan masa lalu, dia berani mencoba, kalau gagal ya sudah, ga rugi apa-apa,” kata Tokoh Pariwisata Nasional ini.

Martinus Johnnie Sugiarto berharap para finalis dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, minimal untuk daerahnya. Kontribusi generasi muda untuk membangkitkan kembali perekonomian sangat dibutuhkan karena memiliki gagasan dan ide yang cemerlang.

“Para finalis semuanya sudah menang dan saling mengenal bahkan menjadi keluarga kedua.Orang dari sumatra Utara kenal dengan orang dari Papua, orang dari Sulawesi kenal dengan orang sumatra. Semuanya berkumpul di dalam satu yang namanya rumah besar EL JOHN Pageant. Rumah besar ini tentu baru bermanfaat kalau orangnya kreatif. Nah saya berharap para alumni Putra Putri Pariwisata Nusantara 2022, bisa menghidupkan, bisa membuat suasana itu menjadi sebuah kegiatan agar peranan aktif Putra Putri Pariwisata Nusantara 2022 bisa memberikan kontribusi nyata baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional,” ujar Martinus Johnnie Sugiarto.

CEO EL JOHN Media ini juga berharap,  para finalis untuk tidak putus dalam mempromosikan pariwisata melalui media sosial. Generasi muda adalah generasi yang melek akan teknologi digital sehingga dapat melahirkan konten-konten yang menarik untuk meyakinkan wisatawan datang ke sebuah destinasi di Indonesia, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

“Harapan saya mereka generasi muda yang sangat dekat dengan dunia digital, dunia sosmed, harapan saya mereka lebih banyak mempromosikan daerah-daerahnya agar daerah-daerahnya lebih diketahui oleh masyarakat luas se-Indonesia. Jadi misalnya orang yang biasanya belum ke NTT, tertarik membuat program untuk akhir tahun ini mau ke NTT. Ada yang belum ke Danau Toba mungkin berharap kalau dia akan ke Danau Toba. Saya pikir hal-hal seperti ini harus di dorong oleh semua pihak termasuk dari Yayasan EL JOHN Indonesia,” tutur Martinus Johnnie Sugiarto.

Menurutnya, promosi yang dilakukan para finalis sangat membantu memulihkan kembali industri pariwisata dan ekonomi kreatif . Pasalnya selama pandemi, industri parekraf menjadi industri yang terdampak parah akibat pandemi Covid-19.

“Para finalis semuanya didorongd apat berperan aktif membantu tidak hanya pemerintah, tetapi juga membantu rakyat Indonesia yang bergerak di bidang kepariwisataan. Karena setiap orang jalan-jalan pasti kuliner, kedua sebagaian besar itu belanja suvenir. Jadi dua ini dapat memberikan dampak yang sangat positif buat masyarakat di seluruh Indonesia,” ungkap Martinus Johnnie Sugiarto.

Penutupan karantina tatap muka ini ditandai dengan saling tukar menukar cinderamata sesama finalis. Selain itu para finalis juga memberikan cinderamata tersebut kepada Founder dan Ketua Umum Yayasan EL JOHN sebagai kenang-kenangan dan ucapan terima kasih karena telah membina para finalis melalui pemilihan Putri Pariwisata Nusantara 2022.

Setelah pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2022 ini berakhir, Yayasan EL JOHN Indonesia masih memiliki empat event menarik dan bermanfaat yakni EL JOHN Dancing in Harmony, Miss Chinese Indonesia 2022, Putri Bumi Indonesia 2022 dan Putri Pariwisata Indonesia 2022.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button