CultureDestinationTourism

Realisasi Little India Gate, Wujud Eksistensi Etnis India di Medan

Walikota Medan, Dzulmi Eldin, pada hari Minggu (18/2), meletakkan batu pertama pembangunan Little India Gate di persimpangan Jalan Zainul Arifin – Tengku Umar Medan. Ini menandakan dimulainya pembangunan Little India Gate di Kota Medan.

Walikota mengapresiasi usaha masyarakat dalam mewujudkan pembangunan ini. Dikatakannya, Little India Gate ini bukan berarti gerbang pembatas hubungan antar etnis di Medan, melainkan sebagai perekat hubungan tali persaudaraan antar umat dan antar etnis di Kota Medan.

“Gerbang ini merupakan sebuah perwujudan eksistensi warga etnis India yang telah sekian lama berakulturasi ke dalam budaya lokal. Di Medan, ini juga menjadi cerminan wujud toleransi yang tinggi antar warga kota,” ucap Walikota.

Walikota juga menyebutkan, sebagai kota berbilang kaum, Medan tidak pernah membatasi siapapun yang ingin menjadi bagian dari sejarah kota ini. Selain delapan suku asli yang menjadi penghuni awal Provinsi Sumatera Utara, Medan juga dipenuhi oleh suku pendatang, antara lain suku Jawa, Minangkabau, China, dan tentunya juga India.

“Kini Medan telah menjadi kota multikultural yang tinggi nilai toleransinya,” katanya.

Walikota juga menyampaikan harapannya dengan kehadiran Little India Gate ini akan kian menambah wawasan kebangsaan warga Medan, sehingga warga bisa lebih menghargai perbedaan yang ada di Medan.

“Tentunya menjadikan perbedaan tersebut sebagai sumber kekuatan yang mempersatukan masyarakat Medan,” ujarnya.

Sebelumnya tokoh masyarakat, Syamsul Arifin,mengharapkan agar pembangunan ini terus berlanjut.

“Jangan hanya semangat di awal, namun tidak sampai pada penyelesaian. Start memang mudah, mencapai finish yang perlu semangat, kerja keras dan komitmen yang kuat,” ujar Syamsul.

Sementara Ketua Gema Sadhana, AS Kobalen, menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Walikota Medan, karena telah menunjukkan dukungan penuh terhadap pembangunan gate ini.

“Ini menunjukkan Walikota Medan benar-benar menghargai Kebhinekaan yang ada di kota ini,” katanya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button