Headline News

VC Ratio di Jalanan Kawasan Malioboro Dipicu Faktor Historis

Angka perbandingan antara volume dengan kapasitas (volume capacity ratio) ruas sejumlah jalan di Jogja cenderung meningkat termasuk di Malioboro.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Jogja Golkari Made Yulianto menjelaskan, peningkatan angka VC Ratio di sejumlah ruas jalan di kawasan Malioboro, lanjutnya, dipicu oleh faktor historis. Di mana kawasan Malioboro menjadi kawasan utama pariwisata di Jogja. Selain Malioboro, salah satu ruas jalan yang juga memiliki angka VC Ratio cukup tinggi adalah di Jalan Sutomo atau di sekitar Jembatan Layang Lempuyangan.

Tingginya angka VC Ratio di ruas jalan tersebut dikarenakan banyaknya hambatan lalu lintas seperti parkir kendaraan dan banyaknya pengguna kendaraan yang memutar arah. “Meminimalisasi hambatan samping di Jalan Sutomo ini menjadi salah satu pekerjaan rumah kami,” katanya.

Untuk menurunkan angka VC Ratio di kawasan tersebut Dishub membutuhkan bantuan dari berbagai pihak. Mulai penataan parkir, menindak pelanggar lalu lintas yang berputar arah hingga peningkatan kesadaran masyarakat sebagai pengguna jalan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button