Headline NewsInvestment

Wapres Berharap Investor Saham Juga Berinvestasi di Sektor Riil

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengapresiasi pembukaan perdagangan saham di tahun 2018 yang menguat 5,9 poin atau 0,09% ke 6.361 untuk Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Wapres menilai investasi saham yang memiliki prospek cerah, seharusnya diimbangi dengan investasi pada sektor riil. Karena itu Wapres mendorongan perusahaan yang tercatat di pasar modal untuk menglihkan dana mereka ke investasi pada sektor riil.

Investasi sektor riil yang dimaksudkan adalah pembangunan pabrik mapun smelter yang bersifat pada karya sehingga dapat mendorong pertumbuhan sektor riil

“Satu-satunya yang perlu kita tingkatkan adalah investasi. Investasi riil bukan hanya investasi di pasar modal. Bukan hanya pasar uang tapi riil dalam bentuk fisik,” kata Wapres dalam sambutannya diacara  pembukaan perdagangan saham perdana tahun 2018, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa, 2 Januari 2018.

Menurut Wapres peningkatan investasi di sektor riil penting karena dapat mengurangi anomaly pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Itu baru bisa anomali kita hilangkan semua. Pemeriksaan darah baik, jantung baik tapi larinya kurang kenceng. Mestinya ada keseimbangan antara itu. Itulah harapan kita di tahun ini,” imbuh dia.

Lebih lanjut Wapres mengatakan salah satu upaya untuk mendorong investasi di sektor riil ialah menurunkan suku bunga acuan. Dengan begitu, investor bisa mendapat pembiyaan dengan murah.

Pasar modal sendiri juga mendapat imbas dari penurunan suku bunga acuan tersebut. Lantaran, nilai investasi di pasar modal akan lebih tinggi dibanding instrumen investasi di perbankan.

JK berharap, penurunan suku bunga ini membuat para investor terus berekspansi di sektor riil.

“Lalu bagaimana dana yang ada ini yang triliunan ini yang dijelaskan tadi, itu betul masuk ke sektor riil. Bagaimana para emiten berinvestasi memperluas usahanya. Itulah harapan kita di tempat ini bahwa bukan hanya ritual,” ujar Wapres.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close