Culture

Warga Lereng Gunung Perahu Gelar Karnaval Budaya

Warga lereng Gunung Perahu Desa Campurejo Kecamatan Tretep menggelar karnaval budaya untuk memperkenalkan potensi budaya yang ada di desa tersebut, Sabtu (24/11/2018). Ribuan warga menikmati gelar budaya nan unik, kreatif dan penuh kritik tersebut.

Karnaval mengambil rute jalan-jalan desa itu diawali dengan maskot Desa Campurejo berupa sesosok burung imajiner yang tersusun dari berbagai hasil bumi seperti daun tembakau, jagung, bawang putih, bawang merah dan Cabai. Dibekalangnya berjalan kereta kencana yang ditumpangi kepala desa beserta istri yang menggunakan pakaian jawa layaknya raja.

Setelahnya baru para perangkat desa dan dusun yang berpakaian jawa diikuti kesenian tradisional dari empat dusun yang ada di desa itu seperti rebana, Kubro Siswo dan Warok Bocah, serta berbagai kreasi dari masyarakat. Kreasi dari masyarakat ini seperti patung anoman obong, hingga sejumlah patung akulturasi kebudayaan Tionghoa. Ribuan warga memadati sepanjang jalan yang dilewati peserta karnaval sambil mengabadikan acara tersebut menggunakan ponsel.

Kepala Desa Campurejo Agus Setyawan mengatakan karnaval budaya sebagai wujud syukur warga pada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan segala nikmat yang diberikan dan meminta pada Tuhan agar warga terhindar dari mala petaka dan bencana. “Karnawal sekaligus ajang kreasi para seniman desa dalam berekspresi,” katanya.

Dia mengatakan warga bersuka gembira karena pada panen tembakau lalu mendapat hasil yang baik, demikian pula pada paanen bawang putih. Warga berharap lahan pertanian mengahasilkan dan dapat mensejahterakan warga terutama membiayai putra-putri untuk bersekolah ke jenjang tertinggi.

Dikatakan even buidaya itu akan dilestarikan dan pada-tahun depan untuk kembali digelar atau menjadi agenda tahunan sebab terbukti dapat sebagai salah satu tujuan wisata alternatif. Warga luar daerah bisa datang menginap di rumah warga untuk menikmati keindahan alam gunung Perahu dan pagi harinya menyaksikan karnaval budaya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close