BusinessDestinationTransportation

Wings Air Resmi Buka Rute Baru Lampung – Bengkulu

Senin, 16 Maret 2018. Wings Air, maskapai tergabung dalam Lion Air Group segera membuka rute baru domestik yang menghubungkan Tanjung Karang melalui Bandar Udara Internasional Radin Inten II, Lampung (TKG) menuju Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Bengkulu (BKS) efektif mulai Rabu, 18 Maret 2018. Wings Air akan melayani penerbangan harian (daily flight) frekuensi satu kali, dengan mengoperasikan pesawat tipe ATR 72-500/ 600 berkapasitas 72 penumpang.

Wings Air menawarkan jadwal keberangkatan dari Tanjung Karang pukul 07.35 WIB bernomor IW 1291 dan tiba di Bengkulu pukul 08.45 WIB. Penerbangan dari dari Bengkulu, Wings Air akan dijadwalkan lepas landas pada 07.35 WIB dan mendarat di Lampung pada 08.45 WIB menggunakan nomor IW 1290.

Durasi perjalanan hanya berkisar 70 menit dengan tarif harga tiket mulai dari Rp 500.000, hal ini memberikan alternatif terbaru dalam melakukan perjalanan yang lebih cepat bagi pelanggan dan masyarakat dibandingkan melalui jalur darat dengan waktu tempuh sekitar tujuh jam.

Capt. Redi Irawan, Operation Director of Wings Air mengatakan, “Kami sangat senang dengan rencana ekspansi yang menghubungkan Lampung dan Bengkulu dalam waktu dekat ini. Kami berharap, Wings Air memberikan solusi tepat bagi wissatawan dan pebisnis dalam mobilitas di kedua propinsi. Tersedianya akses penerbangan langsung diharapkan dapat membantu mengembangkan pertumbuhan ekonomi di masing – masing daerah dari percepatan arus logistik, sektor agrobisnis, perkebunan serta industri kreatif.”

Lebih lanjut menurut Capt. Redi, “Wings Air menyediakan moda transportasi yang efektif dari sisi durasi perjalanan dan efisien dari biaya yang ditawarkan, sehingga lebih terjangkau. Kami optimis rute terbaru ini semakin memberikan pilihan tepat kepada pelanggan dan masyarakat. Hadirnya rute ini juga dilatarbelakangi tingginya permintaan penerbangan dari kedua kota tersebut, khususnya mengakomodir kebutuhan traveling dan business.”

Lampung telah dikenal sebagai salah satu tujuan wisata dalam negeri yang menyimpan potensi alam dan budaya. Propinsi yang berjuluk “Sang Bumi Ruwa Jurai”, artinya satu bumi dua aliran adat budaya ini menyuguhkan nuansa hawa sejuk dengan pemandangan memukau. Tak heran bila semakin popular sebagai destinasi bahari dan ekosistem berbasis kelestarian alam dengan wilayah pesisir dipadukan kawasan hutan.

Sebelumnya, Lampung menetapkan tujuan kawasan wisata unggulan antara lain Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Teluk Kiluan, Menara Siger, Taman Nasional Way Kambas, Gunung Anak Krakatau dan Pulau Sebesi, Tanjung Setia dan Wisata Bahari Krui, serta Kawasan Wisata Kota. Ibukota Lampung berada di Bandar Lampung merupakan pusat pemerintahan dan perbelanjaan, menambah salah satu aktivitas pariwisata selama di Lampung.

Bengkulu terus menggeliatkan pariwisata yang terus membaik, tingginya aktivitas wisata dan kegiatan bisnis, telah berimbas positif pada usaha kecil menengah (industri kreatif) masyarakat. Hal ini semakin menarik Bengkulu dengan kekayaan ragam budaya lokal yang sayang untuk dilewatkan.

Sebagai “Bumi Raflesia”, ketika berada di Bengkulu pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekaligus menyaksikan bangunan yang bernilai sejarah. Untuk wisata budaya, traveler dapat mengunjungi dan berbelaja kerajinan batik besurek.

Wings Air memproyeksikan tingkat keterisian penumpang pada rute Bengkulu menuju Bandar Lampung dan sebaliknya dengan target load factor sekitar 90%.

Rute penerbangan Bengkulu menuju Lampung dapat memberikan layanan baru lanjutan penerbangan (connecting flight) menuju beberapa destinasi di Pulau Jawa, dari Bandar Lampung seperti ke Bandung dan Solo yang di operasikan oleh Wings Air, serta Surabaya yang dilayani oleh Lion Air.

Hingga kini, Lion Air Group telah beroperasi di Bandar Udara Fatmawati Soekarno dengan melayani penerbangan harian ke Batam, Padang, Palembang, Jambi, Jakarta via Soekarno-Hatta Cengkareng dan Halim Perdanakusuma. Sedangkan di Bandar Udara Internasional Radin Inten II, Lion Air Group sudah menerbangi rute ke Bandung, Palembang, Solo, Surabaya, Batam, Jakarta melalui Soekarno-Hatta Cengkareng  dan Halim Perdanakusuma.  Hadirnya jaringan Lampung – Bengkulu, akan semakin mendekatkan jarak  intra Sumatera bagian Selatan (Sumbagsel)

Pada 2018, Wings Air beroperasi di 108 destinasi domestik dan ke internasional di Kuching dan Miri, Malaysia dengan total frekuensi mencapai lebih dari 360 penerbangan perharinya.  Wings Air akan semakin diperkuat dengan adanya penambahan sekitar empat unit ATR 72-600 tahun ini.

Keselamatan, kenyamanan serta keamanan penumpang dan kru pesawat merupakan prioritas utama bagi Lion Air Group. Lion Air telah mengantongi sertifikat IATA Operational Safety Audit (IOSA). Lion Air Group berhasil menyelesaikan audit internasional mengenai keselamatan penerbangan, sehingga layak disejajarkan dengan airlines kelas dunia. Audit IOSA dirancang untuk menilai manajemen operasional serta sistem kontrol maskapai.

Frekuensi Penerbangan Lion Air Group dari Tanjung Karang (TKG)

Rute

Maskapai

Frekuensi Terbang

Tanjung Karang – Cengkareng

Lion Air

4 kali per hari

Tanjung Karang – Cengkareng

Batik Air

1 kali per hari

Tanjung Karang – Jakarta Halim Perdanakusuma

Batik Air

1 kali per hari

Tanjung Karang – Bandung

Wings Air

3 kali per hari

Tanjung Karang – Solo

Wings Air

1 kali per hari

Tanjung Karang – Surabaya

Lion Air

1 kali per hari

Tanjung Karang – Batam

Lion Air

1 kali per hari

Tanjung Karang – Palembang

Wings Air

1 kali per hari

Tanjung Karang – Jambi

Wings Air

1 kali per hari

Frekuensi Penerbangan Lion Air Group dari Bengkulu (BKS)

Rute

Maskapai

Frekuensi Terbang

Bengkulu – Cengkareng

Lion Air

4 kali per hari

Bengkulu – Jakarta Halim Perdanakusuma

Batik Air

1 kali per hari

Bengkulu – Batam

Wings Air

1 kali per hari

Bengkulu – Padang

Wings Air

1 kali per hari

Bengkulu – Jambi

Wings Air

1 kali per hari

Bengkulu – Palembang

Wings Air

1 kali per hari

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close