Lifestyle

5 Aktifitas Rumah Tangga Pelepas Stres

Tekanan pekerjaan dan aktivitas yang padat sering kali menyebabkan stres berlebih. Akibatnya, seringkali tugas-tugas rumah tangga menjadi terabaikan. Padahal hasil studi terbaru menyebutkan bahwa pekerjaan rumah tangga justru bisa dialihkan menjadi kegiatan relaksasi untuk melepaskan stres.

Hasil riset dari Universitas Florida membuktikan bahwa kegiatan rumah tangga ternyata berguna untuk membangkitkan mindfulness, sebuah teknik meditatif untuk merasa sadar akan diri dan mensyukuri hidup kita. Metode ini dapat menurunkan rasa cemas dan meningkatkan kreatifitas diri.

Bagaimana cara mengubah kegiatan rumah tangga – yang terkesan membosankan- menjadi sebuah terapi mindfulness yang bermanfaat? Menurut terapis meditasi Judy Kater, caranya adalah dengan fokus dengan apa yang kita lakukan, sehingga bisa mengurangi banyak tekanan dan stres.

“Kebanyakan emosi dan pikiran kita terkait dengan perasaan khawatir dan merencanakan masa depan,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa praktek meditasi tidak selalu dilakukan dengan cara duduk di atas bantal sambil minum segelas teh. Kegiatan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres? Berikut ulasannya:

  1. Fokus pada kegiatan

Kegiatan bersih-bersih seperti menggosok lantai, mencuci kendaraan pribadi, menyetrika dan menyapu sudah menjadi rutinitas mingguan yang tidak bisa dilewatkan. Cara mengubah pekerjaan rutin tersebut menjadi aktivitas meditasi adalah cukup dengan fokus pada setiap gerakan dan jangan memikirkan hal-hal yang negatif.

  1. Berkebun

Berkebun dipercaya sebagai kegiatan penghilang stres yang ampuh. Mulai dari memindahkan tanaman ke pot, menyiram tanaman dan merapikan rumput liar, semuanya bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

  1. Merapikan laci berantakan

Dengan merapikan isi laci, kita bisa mulai menyortir barang yang masih bisa dipakai atau tidak. Jika menemukan barang baru juga bisa membangkitkan ingatan yang menyenangkan.

  1. Merawat atau mengajak jalan-jalan hewan peliharaan

Dengan berada di dekat hewan kesayangan, bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan meningkatkan mood positif.

  1. Memasak

Mulai dengan memasak snack sederhana seperti memanggang roti, dipercaya bisa memicu mindfulness pada diri Anda.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button