Cinema

5 Film Indonesia Besutan Joko Anwar yang Wajib Ditonton

Nama Joko Anwar sudah tidak asing lagi di industri perfilman Indonesia. Joko Anwar merupakan salah satu sutradara sekaligus penulis skenario yang banyak menghasilkan film populer bahkan menembus jutaan penonton.

Pria kelahiran 3 Januari 1976 ini, pernah menjadi wartawan di The Jakarta Post sekaligus menjadi seorang kritikus film. Di antara banyaknya film Indonesia besutan Joko Anwar, berikut rekomendasi beberapa film yang wajib ditonton.

Siksa Kubur

Film Siksa Kubur merupakan film terbaru karya Joko Anwar yang tayang pada 10 April 2024 di bioskop. Film ini mengisahkan seorang perempuan bernama Sita yang hidup dengan penuh penderitaan.

Kejadian bermula dari orang tuanya yang menjadi korban bom bunuh diri. Atas hal tersebut, kepercayaan Sita pada agama menjadi runtuh. 

Setelah tragedi itu, Sita terobsesi menemukan orang yang paling berdosa. Ketika orang tersebut meninggal, Sita ingin ikut masuk ke dalam kuburnya karena ia tidak percaya akan adanya siksa kubur dan menolak kebenaran agama.

Ratu Ilmu Hitam

Pada film Ratu Ilmu Hitam, Joko Anwar menjadi penulis skenario. Film yang rilis pada 2019 ini, bercerita mengenai tiga keluarga yang berkunjung ke panti asuhan di luar kota. Mereka adalah Hanif bersama sang istri dan ketiga anaknya, serta teman Hanif bersama Anton dan Jefri yang turut hadir bersama istrinya. 

Tujuan kedatangan mereka untuk bertemu dengan pengasuh panti bernama Bandi yang sudah tua dan sakit keras. Mereka berniat memberikan penghormatan terakhir kepada orang yang mengasuh mereka sejak kecil. Namun, mereka justru mendapatkan pengalaman aneh dan teror menyeramkan. Ada orang berilmu hitam yang memiliki dendam sehingga ingin menyiksa mereka hingga mati.

Perempuan Tanah Jahanam

Film Indonesia besutan Joko Anwar selanjutnya adalah Perempuan Tanah Jahanam. Film horor yang tayang pada 2019 ini bercerita 2 perempuan bernama Maya dan Dini yang bersahabat. Mereka bertahan hidup di kota sebagai petugas gerbang tol.

Suatu hari, Maya mendapatkan informasi bahwa ia mungkin memiliki warisan yang ditinggalkan oleh keluarganya di Desa Harjosari. Kemudian, Maya dan Dini pergi ke desa tersebut dan menemukan sebuah rumah besar yang kosong dan nampak menyeramkan. Selain itu, desa tersebut nampak aneh karena ada banyak makam anak-anak. 

Pengabdi Setan

Film Pengabdi Setan yang tayang pada 2017 bercerita tentang Rini dan keluarganya yang kesulitan mencari biaya pengobatan ibunya. Mereka kemudian menjual rumah dan pindah ke rumah nenek di sebuah desa. Sang ibu yang bernama Mawarni hanya bisa terbaring di kasur. Ia bahkan memanggil suami dan anak-anaknya dengan lonceng.

Namun, Mawarni meninggal dunia setelah berjuang selama 3,5 tahun. Semenjak hal itu, hal-hal mistis menyerang keluarga Rini.

Film Pengabdi Setan mempunyai sekuel berjudul ‘Pengabdi Setan 2: Communion’ yang tayang rilis pada 2022.

Gundala

Film Gundala merupakan film superhero Indonesia karya Joko Anwar. Film ini menceritakan Sancaka yang hidup di jalanan sejak orang tuanya tiada. Sancaka mempunyai kekuatan sejak ia disambar petir.

Suatu hari, suasana kota semakin tidak aman dan ketidakadilan merajalela di seluruh negeri. Sancaka kemudian dihadapkan pada dua pilihan, yakni hidup di zona aman atau keluar sebagai Gundala untuk membela orang-orang yang tertindas. Film Gundala sendiri rilis di bioskop pada 2019 lalu.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button