Life Style

5 Kegiatan Positif dan Seru yang Bisa Dilakukan Saat Puasa

Bulan Ramadan merupakan bulan yang dinanti umat Islam di seluruh dunia. Meski sedang puasa, bukan berarti kamu malas-malasan dan memilih tidur sepanjang hari. Ada banyak kegiatan positif yang bisa kamu lakukan untuk mengisi hari-hari kamu di bulan Ramadan.

Berikut beberapa rekomendasi aktivitas yang bisa kamu lakukan.

Tadarus Al Quran

Sumber Foto: Freepik

Kamu bisa membaca Al Quran seorang diri di rumah maupun ikut pengajian di masjid. Kamu dapat membaca 1 juz per hari selama 30 hari di bulan Ramadan.

Selain mendapatkan pahala, membaca Al Quran juga dapat menenangkan hati dan pikiran, diselamatkan saat hari penghisaban, senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT, dan masih banyak lagi. Tidak hanya membaca di bulan Ramadan, akan lebih baik juga dibaca di hari-hari di luar bulan Ramadan.

Mengikuti Kajian Islam

Sumber Foto: Freepik/rawpixel.com

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan untuk mengisi hari di bulan Ramadan adalah mengikuti kajian Islam. Kamu dapat mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan agama Islam, sehingga cakupan ilmu kamu semakin banyak dan luas, serta mengamalkannya dengan benar.

Ngabuburit

Sumber Foto: Freepik/odua

Salah satu hal yang ditunggu saat Ramadan adalah ngabuburit. Sambil menunggu buka puasa, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan, mulai dari berburu takjil, jalan-jalan sore, olahraga, dan lainnya. Dengan ngabuburit, juga bisa mengalihkan perhatian dari rasa lapar dan haus.

Membaca Buku dan Menulis

Sumber Foto: Freepik/pvproductions

Bila biasanya kamu tidak ada waktu untuk membaca buku, hal ini bisa menjadi momen yang tepat untuk kamu membaca buku. Kamu bisa membaca buku tentang sejarah dan perkembangan Islam, ilmu pengetahuan, dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menulis hal-hal yang berkaitan dengan Ramadan atau Islam, lalu membagikannya ke media sosial.

Membuat Makanan Buka Puasa

Sumber Foto: freepik/rawpixel.com

Membuat makanan untuk buka puasa juga menjadi kegiatan yang seru, terlebih bila dilakukan bersama keluarga. Beberapa rekomendasi menu buka puasa seperti sop buah, kolak pisang, kolak biji salak, es campur, pisang aroma, risoles, tempe mendoan, dan masih banyak lagi.

Membuat dan menyiapkan makanan buka puasa juga bisa menjadi momen yang tepat untuk mempererat hubungan dengan keluarga.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button