6 Tempat Wisata Gratis di Jakarta yang Wajib Dikunjungi Saat HUT Jakarta

0

Sumber Foto: El John Media/Savira

Jakarta tidak hanya terdapat gedung-gedung pencakar langit, tetapi juga memiliki banyak tempat wisata gratis yang cocok dikunjungi saat ulang tahun Jakarta pada 22 Juni mendatang, mulai dari wisata edukasi, wisata sejarah, wisata kuliner, dan lainnya. Kamu bisa pergi bersama keluarga, teman, pasangan, bahkan jalan-jalan sendiri untuk menghilangkan penat.

Dari banyaknya tempat wisata di Jakarta, berikut beberapa rekomendasi yang wajib kamu datangi.

Taman Literasi Blok M

Sumber Foto: Instagram/integrasitransit.jkt

Taman Literasi Blok M atau juga disebut Taman Literasi Martha Christina Tiahahu merupakan taman yang terletak di Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tempat ini cukup strategis karena berada di dekat Mall Blok M Square dan Mall Blok M Plaza, serta dapat menggunakan transportasi umum dengan mudah seperti MRT dan Transjakarta.

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Taman Literasi, seperti membaca buku di Ruang Baca, bermain bersama anak, berfoto ria, bahkan mencicipan aneka jajanan yang ada di taman tersebut.

PIK 2

Sumber Foto: indonesiaexpat

Terdapat beragam destinasi wisata yang ada di PIK 2, terlebih bila kamu sebagai pecinta kuliner yang senang berburu makanan lokal maupun internasional. Kamu bisa mendatangi East Coast by The Sea, Pantjoran PIK, maupun Cove At Batavia yang bisa kulineran sambil memandangi laut.

Bila kamu ingin menikmati suasana pantai yang menyegarkan, bisa pergi ke Aloha maupun Pantai Pasir Putih.

Kawasan Kota Tua

Sumber Foto: El John Media/Savira

Kota Tua merupakan sebuah kawasan ikonis yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Tempat ini menjadi daya tarik sendiri karena wisatawan dapat merasakan suasana zaman dahulu.

Ada berbagai tempat yang bisa kamu kunjungi seperti Stasiun Jakarta Kota yang dibangun sejak 1870 dan sampai saat ini masih aktif digunakan untuk jalur commuter line Jabodetabek, Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga bisa menyewa sepeda ontel dan berfoto dengan cosplayer, membeli cinderamata, dan lainnya.

Monumen Nasional

Sumber Foto: Instagram/monumen.nasional

Satu lagi yang menjadi ikon kota Jakarta adalah Monas atau Monumen Nasional yang berada di Jakarta Pusat. Monas resmi dibangun pada 17 Agustus 1961 dan mulai dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975. Monas memiliki tinggi 132 meter atau sekitar 433 kaki dan dibangun di area seluas 80 hektar.

Di bagian puncak tugu terdapat lidah api yang dilapisi lembaran emas, di mana hal ini menggambarkan semangat perjuangan bangsa Indonesia yang menyala seperti api.

Hutan Kota GBK

Sumber Foto: Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong

Berada di Jakarta Pusat, Hutan Kota GBK menjadi tempat wisata yang digemari warga Jakarta dan sekitarnya.

Pasalnya, hutan kota ini berada di tengah gedung-gedung pencakar langit, sehingga kamu bisa duduk santai di atas hamparan rumput hijau sambil memandangi gedung-gedung di sekitar yang indah. Selain itu, di Hutan Kota GBK juga bisa berolahraga karena tempat tersebut tersedia jogging track.

Danau Setu Babakan

Sumber Foto: El John Media/Savira

Setu Babakan atau Danau Setu Babakan merupakan pusat Perkampungan Budaya Betawi yang berada di Jakarta Selatan.

Setu Babakan menjadi sebuah kawasan cagar budaya yang menghadirkan pagelaran seni maupun budaya Betawi. Selain itu, di tempat tersebut kamu terdapat danau. Kamu bisa duduk di tepi danau sambil menikmati udara yang sejuk atau menyewa perahu untuk mengelilingi danau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *