Headline NewsTourism

Akibat Wabah Covid-19, Kemenparekraf Akan Keluarkan Kebijakan Untuk Industri dan Pekerja Pariwisata

Sektor Pariwisata menjadi salah satu sektor yang terdampak  paling pertama akibat wabah Virus Covid-19 (Corona). Di Indonesia dari hari ke hari, jumlah pasien positif Covid-19 terus meningkat. Hal ini menunjukan penyebaran virus tersebut begitu masif dan butuh penanganan serius.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusbandio mengatakan, pada 18 Maret 2020 telah diterbitkan surat edaran edaran untuk meminta segala kegiatan di dalam dan di luar ruangan di semua sektor yang terkait pariwisata dan ekonomi kreatif agar ditunda sementara waktu. sesuai dengan periode masa darurat bencana virus Corona yang telah ditetapkan oleh BNPB demi mengurangi potensi penyebaran Covid-19.

“Ini adalah keputusan yang harus dilakukan untuk masyarakat dengan harapan penyebaran wabah Covid-19 ini dapat berakhir sehingga nantinya segala aktivitas dapat berjalan normal kembali,” kata Wishnutama saat jumpa pers melalui channel Youtube, beberapa waktu lalu.

Namun, bukan hanya menutup kegiatan yang berkaitan dengan pariwisata maupun menyelesaikan kasus ini, dari sisi kesehatan,  pemerintah juga serius mengatasi dampak yang ditimbulkan oleh para pelaku usaha dan pekerja pariwisata.

“Pemerintah juga mempersiapkan berbagai kebijakan dan langkah agar dapat mengurangi dampak wabah ini terhadap berbagai usaha, tentunya termasuk untuk sektor pariwisata ekonomi kreatif dan juga para pekerjanya,” ujar Wishnutama.

Menurut Wishnutama, dalam waktu dekat, pihaknya akan mengeluarkan langkah konkrit untuk mengatasi hal tersebut. Perlu pembahasan yang matang agar langkah yang diambil dapat diterima oleh semua pelaku usaha maupun pekerjanya.

“Saat ini kemenparekraf sedang melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga terkait untuk mewujudkan langkah-langkah  tersebut,” ungkap Wishnutama.

Lebih lanjut, Wishnutama menjelaskan  bahwa Pemerintah  menaruh perhatian yang  sangat besar dan sangat tinggi kepada sektor pariwisata sebagai salah satu sektor leading sector perekonomian nasional. Namun untuk  menangani dampak Covid-19 diperlukan kerjasama dari berbagai pihak dan berbagai kalangan masyarakat.

“Karena kita ketahui bersama pada kenyataannya masih banyak lapisan masyarakat yg masih belum menjalankan berbagai arahan dan imbauan pemerintah. Pada kesempatan ini saya juga ingin mengingatkan kembali agar pesan bapak presiden belajar di rumah, bekerja di rumah, ibadah di rumah betul-betul dijalankan sebaik mungkin,” tutup Wishnutama.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close