Sports

Alfred Riedl Ditunjuk Melatih Timnas Indonesia (Lagi)

PSSI akhirnya memutuskan untuk menunjuk kembali Alfred Riedl sebagai pelatih timnas Indonesia.

PSSI akhirnya memutuskan Alfred Riedl untuk kembali menjadii pelatih timnas Indonesia. Hal itu diumumkan PSSI di kantor PSSI Pusat, Jakarta, Jumat (10/6) siang.

Keputusan ini memang mengejutkan. Mengingat sebelumnya, nama pelatih asal Austria itu tak disebut-sebut sebagai calon. Bahkan, PSSI sudah melakukan tes terhadap tiga pelatih lokal, yakni Nilmaizar, Rahmad Darmawan, dan Indra Sjafri.

“Dalam keadaan yang tidak ideal, kami mengambil keputusan ini,” kata Hinca Pandjaitan, pelaksana tugas ketua umum PSSI, kepada wartawan.

“Sebelumnya kami sudah mendiskusikan ini dengan ketua umum dan internal untuk keputusan ini. Dalam keadaan yang tidak ideal ini, kami harap semua bisa mendukung dan menerima keputusan ini,” tambahnya.

Agenda terdekat, Riedl bakal melatih skuat Garuda untuk Piala AFF 2016 yang bakal berlangsung di Filipina dan Myanmar, 19 November-17 Desember nanti. Ini untuk ketiga kalinya mantan pelatih timnas Vietnam itu ditunjuk sebagai pelatih timnas Indonesia.

Alfred Riedl tak menyangkal kalau penunjukkan dirinya sebagai pelatih Timnas Indonesia terjadi dalam kondisi sulit. Tapi dia tetap menargetkan Indonesia masuk final Piala AFF.

Untuk kali ketiga Alfred Rield dipercaya PSSI untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia. Pria asal Austria itu secara resmi diumumkan sebagai pelatih ‘Skuat Garuda’ pada Jumat (10/6/2016) hari ini, meski dia sebelumnya tidak pernah dipanggil untuk melakukan fit and proper test.

Riedl langsung diperkenalkan oleh PSSI dalam sesi jumpa pers di Senayan, Jakarta, Jumat (10/6). Menggunakan kemeja putih, Riedl ditemani oleh Sekjen PSSI, Azwan Karim, dan Waketum PSSI, Hinca Pandjaitan.

“Terima kepada kepada PSSI karena memberi kepercayaan kembali kepada saya menjadi pelatih timnas. Keadaan saat ini memang sulit, tetapi itu tantangannya. Keadaan ini mengingatkan saya di tahun sebelumnya. Tetap harus saya hadapi dan yakin bisa menghadapinya,” ujar Alfred Riedl.

Dengan penuh percaya dirinya, pria 66 tahun itu bahkan sudah menargetkan membawa timnas menembus final. Meski persiapan mepet, Riedl tetap optimistis.

“Waktu memang sudah mepet, tetapi modal utamanya adalah antusiasme dan sikap positif dari semua pihak. Saya yakin dengan begitu, semoga target bisa tercapai. Itu keyakinan dari saya,” katanya.

“Saya selalu menargetkan tim yang saya asuh untuk mencapai final. Maka dari itu saya meminta semua pihak mendukung saya, pemain, dan lain-lain.”

Namun nama Riedl sudah sempat disebut-sebut oleh Letjen Edy Rahmayadi ketua Kelompok 85 (K-85). Ketika itu, dia menyebut Riedl sebagai pelatih yang pas untuk menangani timnas di Piala AFF 2016.

Sebelumnya, pada 2010 dia membawa timnas meraih gelar runner-up, sementara pada 2014 gagal membawa tim Merah Putih lolos dari fase grup.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button