Pageants

Apa yang Terjadi dengan Hutan Kita?

wannahavescom-1024x687

78kebakaranhutan1blog.act_.id_-1024x648

palmoilpledge.id_

Sumber foto : http://blog.reservasi.com/kondisi-hutan-kalimantan-sebelum-dan-sesudah-terbakar/

Ketiga foto diatas adalah hutan yang sama dengan keadaan yang berbeda, kebakaran hutan yang terletak di daerah Kalimantan, Indonesia ini terjadi pada pertengahan tahun 2015 lalu. Mirisnya, kebakaran yang terjadi adalah karena pembakaran yang sengaja dilakukan oleh MANUSIA. Para oknum tersebut memanfaatkan fenomena cuaca el-nino yang menyebabkan daratan Kalimantan menjadi sangat gersang sehingga menjadi katalisator yang baik untuk perambatan api. Lalu mengapa dibakar? Mungkin ini pertanyaan yang paling banyak dipertanyakan saat banyak media Indonesia memberitakan kebakaran hutan Indonesia yang hampir terjadi serentak di Kalimantan dan Sumatera. Saya tidak punya jawaban pasti, namun saya akan sedikit menceritakan apa yang saya tahu dari apa yang saya pelajari selama saya menempuh pendidikan Ilmu Kehutanan di Institut Pertanian Bogor.

Pembukaan lahan dengan menggunakan cara uncontrolled burning dandestructive erat kaitannya dengan pembangunan industri kelapa sawit di Indonesia, alasannya?

1.     Biaya produksi land clearing membutuhkan biaya yg jauh lebih murah dibanding menggunakan alat mekanis

2.     Oknum pengusaha bermaksud agar lahan hutan terdegradasi dan menurunkan kualitasnya sehingga kategorinya akan berubah menjadi kawasan hutan tidak produktif yang memungkinkan untuk dikonversi menjadi Areal Penggunaan Lain (APL)

3.     Membakar lahan (milik masyarakat) dijadikan modus bagi oknum tertentu untuk memperoleh lahan yang murah dari masyarakat pemilik lahan hutan.

 

Setelah 3 poin diatas mungkin teman – teman sudah mendapatkan gambaran apa alasan manusia tega membakar hutan kita, iyap, uang. Dan jika yang dijadikan orientasi hanyalah keuntungan materi, maka hutan alam tidak ada apa apanya dibanding tanaman primadona saat ini, Kelapa Sawit. Namun apakah teman teman tahu apa saja fungsi hutan diluar segi ekonomi? Jawaban saya yang paling simple adalah.. Oksigen, udara yang kita hirup setiap hari dan kadang kita lupakan betapa pentingnya oksigen untuk kehidupan kita. Oksigen terbentuk dari hasil fotosintesis tumbuhan. Apalagi? Air mineral, mungkin tidak banyak yang tahu bagaimana proses terjadinya air mineral yang kita minum setiap hari (silahkan cari di google siklus lengkapnya) tapi intinya adalah air mineral terbentuk dari infiltrasi air hujan ke dalam tanah hutan yang kaya akan mineral dan air tersebut mengalir di bawah tanah hutan membawa mineral menuju mata air. Dan satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah hutan merupakan rumah bagi keanekaragaman hayati (biodiversitas), mereka makhluk tuhan yang lahir, makan dan tumbuh di dalam hutan, sehingga jika hutan dibabat habis, lalu dimana mereka harus berlindung?

 

Semoga pemaparan saya dapat sedikit membuka wawasan teman teman tentang realita yang saat ini terjadi di Indonesia, dan mari kita sama sama berdoa dan berpikir, apa yang dapat kita lakukan untuk Lingkungan Hidup di Indonesia.

 

Penulis: RATIH AYU SYAFRIZA/Finalis no.10

ratihayu.com

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button