Lifestyle

Apakah anda mengetahui kalau bayi juga bisa bicara melalui tangisan loh

makna tangisan bayi 1

Anda pasti akan merasa risih ketika anda mendegarkan tangisan bayi, tapi apakah anda mengerti tangisan bayi tersebut. Sebenarnya dibalik tangisan ada makna yang tersirat sehingga tidak jarang ketika anda mendengar tangisan anda malah senewen atau bisa jadi tidak tahu mau berbuat apa. Untuk itu baca informasi dibawah ini supaya anda bisa mengerti arti dari tangisan bayi tersebut. Bayi menangis sebab ini satu-satunya cara mereka berkomunikasi dengan orang tuanya. Sebagai orang tua baru anda akan merasa bahwa semua tangisan terdengar sama dan bertanya apa sebenarnya yang diingikan bayi anda. Tapi dengan berjalannya waktu anda akan belajar pelahan-lahan memahami arti dari setiap tangisan bayi anda, sehingga anda tidak menjadi panic atau putus asa karena tangisannya lagi. Yakinlah bersamaan dengan waktu anda akan belajar bahwa tangisan bayi mempunyai suara yang berbeda, memang tidak mudah memahaminya, dan memerlukan waktu untuk mengerti arti tangisan bayi anda, serta dibutuhkan kesabaran dari ayah-ibu, tapi disinilah kebahagian menjadi orang tua anda belajar mengerti bayi anda, jangan lupa sikecilpun sedang belajar mengerti anda.

Apabila seorang bayi lelah, ia cenderung menjadi cengeng. Ia terus saja menangis meskipun sudah Anda beri ASI. Ia terus merengek dan sesekali ia menggosok-gosokkan tangannya pada mta dan wajah. Cara mengatasinya adalah hendaknya bayi diayun perlahan-lahan sampai akhirnya tidur. Apabil bayi lapar, ia akan menangis. Biasanya, bayi akan menangis berulang-ulang. Pertama kali bayi Anda menangis, kemudian berhenti sebentar untuk mengambil nafas, berikutnya menangis lagi. Setelah menangis, bayi berhenti menangis lagi sejenak untuk mengambil nafas, dilanjutkan menangis lagi. Setelah menangis, ia diam lagi sejenak untuk mengambil nafas, lalu menangis lagi, begitu seterusnya diulang-ulang. Cara mengatasinya adalah dengan cara disusuinya hingga kenyang. Apabila sudah saatnya maka, suapilah ia hingga kenyang.

Bayi juga dapat merasa tidak nyaman dengan tubuhnya, baik itu terasa kotor atau basah pada popoknya dan mereka belum dapat menyatakan ketidaknyaman itu pada kita sehingga mereka hanya menangis. Tangisannya mirip seperti tangisan lapar tapi anda dapat mencek kapan terakhir anda memberikan susu. Pada beberapa bayi tidak menangis meskipun basah atau kotor. Perlunya bagi orang tua untuk mengecek popok si kecil secara berkala, umumnya setelah waktu minum. Bayi baru lahir merasa senang bila dibungkus dengan kain sehingga menjadi hangat. Karena mereka terbiasa dengan kehangatan dan kenyamanan sewaktu mereka dalam rahim ibunya. Sehingga sewaktu anda membuka baju bayi anda untuk dimandikan atau diganti popok, bayi akan menangis sebagai penyataan kehilangan rasa hangat dan nyaman. Tangisan terdengar seperti rintihan. Tapi setelah anda memberikan baju atau selimut bayi akan berhenti menangis. Juga jangan terlalu membungkus rapat atau memberikan baju yang berlebihan karena bayi juga dapat merasa kepanasan.

Bayi sering menangis karena kolik atau kejang/kram usus. Hingga kini belum diketahui penyebab kolik. Ada dugaan, sistem pencernaan bayi belum sempurna sehingga timbul gangguan pencernaan. Kolik dialami pada 3 bulan pertama kehidupan dan biasanya terjadi sore hari menjelang malam. Tangis kolik sangat keras disertai jeritan dan episodik: suatu saat timbul, suatu saat hilang, tapi hanya satu atau dua menit, lalu menangis lagi. Biasanya diikuti gerakan tangan ke arah perut, badan mengencang, dan kadang disertai buang angin. Menggosok perutnya dengan minyak telon dapat membantu menenangkannya. Nah itu beberapa informasi agar anda lebih mengerti dengan bayi anda. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button