CultureDestinationFoodHeadline NewsPageants

Asosiasi Duta Indonesia dan EL JOHN Pageants Kolaborasi Gelar Pemilihan Miss Coffee Indonesia 2017

Setelah sempat vakum beberapa tahun akhirnya pemilihan Miss Coffee Indonesia 2017 digelar. Meski masa karantina terbilang singkat  namun tak menyurutkan semangat 38 finalis Miss Coffee Indonesia 2017. Para finalis ini mewakili 34 provinsi yang ada di Indonesia. Akhirnya pada Selasa malam, 22 Agustus 2017 digelar Malam Grand Final Miss Coffee Indonesia 2017 di Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata. Pemilihan kali ini merupakan  hasil kolaborasi Asosiasi Duta Indonesia dengan EL JOHN Pageants.

Acara puncak ini dihadiri Ketua Asosiasi Duta Indonesia sekaligus Ketua Pelaksana Miss Coffee Indonesia 2017 Lisa Ayodhia, Founder and Chairman EL JOHN Pageants Johnnie Sugiarto, Deputy Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti (juri), Ketua SCAI A Syafrudin Sabani (juri), Coffee Lover Indonesia Jamil Musanif (juri), Owner d’excellent Tri Yuli Kurniasih (juri), Aktivis Perempuan Rina Zoet (juri), Motivator James Gwee  (juri),  Kepala Kantor  BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta Endro Sucahyono, Beauty Expert Wawa Sugimurwati (juri) dan Ketua Dewan Pembina Universitas Indonesia/Tim Ahli Menko Perekonomian  Roy Darmawan (juri).

Selain itu juga turut hadir Miss Earth Indonesia 2017 Michelle Victoria Alriani dan Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Tangel serta pewakilan dari pihak sponsor.

Di malam Grand Final ini, Ke 38 Finalis disaring menjadi 10 finalis atau 10 besar. Pemilihan 10 besar ini dipilih  berdasarkan penilaian dari dewan juri. Ke sepuluh finalis itu yakni:

  1. Mellisa Fortunita mewakili DKI Jakarta-2
  2. Diviayu Catur Wulandari mewakili Sulawesi Tenggara
  3. RR Astira Intab Vernadeina mewakili DKI Jakarta-3
  4. Syalomita Gabriela Karen mewakili Sulawesi Utara
  5. Dwi Puspitasari mewakili Sumatera Selatan
  6. Riska Meilani mewakili Kalimantan Barat
  7. RR Astari Indah Vernideani mewakili DKI Jakarta-5
  8. Revindia Carina mewakili Jawa Timur
  9. Herliansa Chrisnasari P mewakili Jawa Tengah
  10. Agustina Renie Arum Sari mewakili D.I Yogyakarta

 

Ke sepuluh finalis kemudian diperkecil menjadi 5 besar. Untuk menuju 5 besar, ke 10 finalis harus menjawab pertanyaan dari dewan juri.Pertanyaan yang diajukan antaralain seputar kopi, kecantikan, kesetaraan gender dan BPJS Ketenagakerjaan. Ke-10 finalis diberi waktu 30 detik untuk menjawab pertanyaan tersebut. Setelah itu barulah diumumkan lima finalis yang masuk lima besar yakni:

  1. RR Astira Intab Vernadeina mewakili DKI Jakarta-3
  2. RR Astari Indah Vernideani mewakili DKI Jakarta-5
  3. Revindia Carina mewakili Jawa Timur
  4. Riska Meilani mewakili Kalimantan Barat
  5. Diviayu Catur Wulandari mewakili Sulawesi Tenggara

Setelah diumumkan, ke-5 finalis kembali menjawab pertanyaan dari dewan juri. Pertanyaan yang diajukan berbeda namun  masih dalam konkteks antaralain kopi, kecantikan, kesetaraan gender dan BPJS Ketenagakerjaan. Setelah semua menjawab pertanyaan dewan juri, ke-5 finalis harus bersabar karena pengumuman  siapa yang berhak menggunakan mahkota Miss Coffee Indonesia 2017 akan dumumkan disaat malam Grand Final  Putri Pariwisata Indonesia 2017 yang akan dilangsungkan di gedung Smesco, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat, 25 Agustus 2017.

Ketua Pelaksana Miss Coffee Indonesia 2017 Lisa Ayodhia mengatakan tujuan digelarnya Miss Coffee Indonesia ini adalah untuk mempromosikan produk-produk kopi unggulan Indonesia, mendorong tumbuhnya industri kopi di Indonesia, mengembangkan perdagangan dan pariwisata Indonesia serta mendorong produktivitas kopi di Indonesia

“Selain itu, untuk memposisikan agrowisata kopi sebagai salah  satu destinasi pariwisata di Indonesia. Mengembangkan sektor kuliner kopi sebagai gaya hidup, mempererat antara produsen kopi  baik dari dalam maupun luar negeri  serta melibatkan segenap asosiasi, institusi dan instansi yang terlibat  dalam bidang usaha kopi untuk meningkatkan kesejahteraan para petani kopi Indonesia,” kata Lisa dalam sambutannya.

Lisa tak lupa untuk mengucapkan selamat kepada pemenang yang akan diumumkan di Malam Grand Final Putri Pariwisata Indonesia 2017.Menurut siapapun yang menyandang gelar Miss Coffee Indonesia 2017 harus dapat mempromosikan kopi Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri.

“Sebetulnya anda 38 semuanya adalah pemenang. Anda disini sebagai finalis anda adalah pemenangnya dan semua anda adalah Miss Coffee Indonesia,”ujar Lisa disambut tepuk tangan penonton.

Sementara itu dalam jumpa persnya, Founder and Chairman EL JOHN Pageants Johnnie Sugiarto mengatakan ketertarikan  EL JOHN Pageants untuk bekerjasama dengan Asosiasi Duta Indonesia dalam menggelar pemilihan Miss Coffee Indonesia 2017 ini karena kondisi kopi di Indonesia yang separuhnya didominasi oleh produk-produk impor. Johnnie khawatir  pecinta kopi di Indonesia lebih memilih kopi impor dibandingkan kopi lokal.

“Nah ini harus menjadi perhatian bagaimana mendorong agar industri kopi kita juga akan naik ini sangat penting sehingga jangan sampai semua sudah doyan minum kopi terus kopinya kopi impor ini kan berbahaya.Saya ajak bu Lisa, kita dorong lagi bagaimana supaya semuanya bisa memberikan perhatian melalui wanita-wanita cantik, melalui Miss Coffee yang dibawah bimbingan ibu Lisa. Kita bisa mendorong semua elemen masyarakat pemerintah untuk bisa memberikan perhatian serius untuk masalah kopi Indonesia,”kata Johnnie.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button