DestinationHeadline NewsTourism

Banyuwangi dan Traveloka Kolaborasi Kembangkan Pariwisata

Kolaborasi antara Pemerintah Daerah dengan stakeholder pariwisata merupakan jurus ampuh dalam mengembangkan pariwisata. Hal itulah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi dalam memajukan sektor pariwisata.

Kali ini yang digandeng Pemkab Banyuwangi adalah travel agent online terkemuka Traveloka. Bupati  Banyuwangi Azwar Anas menyebut upaya ini merupakan  komitmen Banyuwangi mengajak stakeholder pariwisata bersama-sama membangun pariwisata Banyuwangi.

“Banyuwangi menjajaki kolaborasi dengan Traveloka. Ini bagian dari upaya kami membangun ekosistem pariwisata di Banyuwangi dengan melibatkan sebanyak mungkin pihak,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas Rabu, 25 April 2018.

Anas mengatakan Traveloka merupakan innovator dibidang pariwisata. Ide-ide dari  Traveloka dibutuhkan untuk dikolaborasikan dengan rencana pengembangan pariwisata yang dibuat Pemkab.

Selain Traveloka, Banyuwangi juga telah berkolaborasi dengan Gojek. Kerja sama dengan Gojek ini terkait dengan  sejumlah program sosial seperti antar obat ke warga miskin, serta dengan pengembang teknologi pendidikan Ruangguru untuk pembelajaran online gratis bagi pelajar di desa.

Anas mengatakan, dia telah bertemu dengan perwakilan Traveloka. Di antaranya dengan Lead Innovation Traveloka, Edmund Goh Jun Jie. “Responsnya sangat bagus, karena kita satu visi ingin menggerakkan pariwisata lokal, pariwisata yang memberi dampak ke masyarakat,” ujarnya.

Menurut Anas, Banyuwangi ingin mengajak Traveloka berkolaborasi karena perusahaan tersebut adalah salah satu pemain besar di industri pariwisata nasional. Cakupan layanannya sangat luas. Traveloka juga sudah berstatus “unicorn”, satu dari lima perusahaan rintisan Indonesia dengan nilai US$1 miliar.

Bupati berusia 44 tahun itu menambahkan, kolaborasi dengan berbagai pelaku pariwisata, termasuk Traveloka, akan mengakselerasi pengembangan wisata di Banyuwangi. (Sumber Tempo)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close