CultureDestination

Beragam Festival di Seluruh Nusantara untuk Merayakan Hari Kemerdekaan

keindahan Alam bisa didapat di manapun. Tapi, budaya selalu membuat wisatawan ingin kembali. Agustus menjadi saat yang tepat pelesiran di seluruh pelosok Indonesia. Meski Indonesia tak mempromosikan hari kemerdekaan sebagai destinasi wisata, namun kota-kota wisata utama di Indonesia sedang giat-giatnya berfestival.

Di awal Agustus terdapat Dieng Culture Festival di Jawa Tengah, Festival Budaya Lembah Baliem, Jember Fashion Carnival, hingga Festival Bunga di Tomohon. Nah, mulai 17 Agustus hingga akhir bulan itu, beberapa wilayah justru sedang puncak-puncaknya memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia.

  1. Pesona Tari Saman dalam Saman Gayo Lues 

Saman merupakan nama tari tradisional suku Gayo yang berasal dari daerah Aceh. Dinamakan Tari Saman, karena Tarian ini diciptakan oleh seorang Ulama Gayo yang bernama Syekh Saman pada abad ke-14 Masehi. Tari Saman berupa gerakan yang mengikuti sebuah nyanyian syair yang berupa pujian kepada Allah SWT dan mengelu-elukan Nabi Muhammad SAW. Syair Tari Saman juga bisa berupa pantun nasihat dan tuntunan agar berbuat kebajikan.

Saman Gayo Alas Festival akan digelar pada 18 September 2019 dan dimeriahkan oleh ribuan penari dari 140 desa di wilayah Kabupaten Gayo Lues. Selain tarian dan budaya, tersedia juga aneka rupa makanan dan bumbu khas Kota Serambi Mekkah. Selain parade seni dan budaya, festival ini akan di meriahkan oleh pameran berbagai produk lokal hingga sport tourism paralayang.

 2.Festival Teluk Ambon, Maluku 

Festival Teluk Ambon merupakan event pariwisata provinsi maluku yang menonjolkan keindahan Alam Bahari Maluku khususnya Teluk Ambon yang saat ini merupakan salah satu destinasi wisata dengan Icon Jembatan Merah Putih yang membentang diatas teluk ambon yang mempesona. Festival ini menggabungkan antara Wisata bahari dan wisata budaya yang dikemas sebagai secara menarik.

3. Lampung Krakatau Festival 

Festival Krakatau merupakan salah satu perhelatan kebudayaan unggulan dari Provinsi Lampung. Festival yang rutin diadakan setiap tahun ini merupakan parade kebudayaan yang mengangkat kekayaan budaya dan tradisi yang dimiliki Lampung. Selain itu, perhelatan ini juga menjadi ajang promosi potensi pariwisata yang dimiliki setiap kabupaten dan kota yang ada di Lampung.

Festival yang diramaikan dengan karnaval, atraksi seni tradisional, pameran, dan berbagai lomba ini mulai diadakan sejak tahun 1990. Dalam perjalanannya, terdapat banyak variasi yang dilakukan. Karenanya, dari tahun ke tahun, terdapat perbedaan pada konten acara yang ditampilkan. Bagian acara yang selalu mendapat perhatian besar adalah karnaval karena melibatkan partisipasi dari semua lapisan masyarakat.

Pada Oktober 2012, diadakan Festival Krakatau XXII. Acara yang dibuka oleh Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. ini berlangsung sangat meriah. Rangkaian acara berlangsung dari tanggal 6 Oktober sampai 13 Oktober 2012 dan dihadiri 22 duta besar negara-negara sahabat. Dalam rangkaian karnaval, ditampilkan pernak-pernik budaya tradisional Lampung, yang disandingkan dengan beraneka karya kreasi kontemporer.

4. Festival Sanur Village 

Bulan Agustus ini, hamparan pasir putih yang disebut Pantai Sanur di Bali Selatan akan meluncurkan Sanur Village Festival ke-14 yang menghadirkan berbagai festival seru yang akan berlangsung mulai 21-25 Agustus 2019.

Seperti biasa, Sanur Village Festival 2019 menjanjikan banyak kesenangan, makanan lezat dan banyak kesenangan dan keriangan bagi semua orang. Di antara acara-acara yang menggembirakan yang dapat Anda nantikan tahun ini adalah: Fiesta Kuliner di mana berbagai vendor yang menjual makanan jalanan hingga hotel dan restoran bintang 5 akan menghadirkan bazaar makanan lezat; Pertunjukan seni dan budaya tradisional dari seluruh pulau serta bagian lain dari kepulauan juga akan mencakup sendratari kolosal atau balet tradisional Bali.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close