Lifestyle

Cara Mengusir Kecoa Dari Rumah

1515439shutterstock-140823721780x390

Kecoa adalah serangga berwarna hitam atau abu-abu berbentuk lonjong, dengan kaki berbulu dan sungut yang panjang. Jika Anda menemukan satu kecoa saja, kemungkinan masih banyak yang lainnya. Masalahnya adalah mereka biasanya bersembunyi di siang hari, sehingga jika Anda tidak dapat menemukannya, periksa almari dan rak-rak terhadap kotorannya, yang berbentuk noda atau bulatan kecil berwarna coklat dan berlendir. Kalau untuk serangga yang satu ini mungkin beberapa dari anda akan lari ketakukan ketika melihat secoa yang terbang. Rumah yang kotor merupakan salah satu tempat yang sangat disenangi oleh kecoa. Untuk membasminya anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

Jika Anda melihat seekor kecoa, ikutilah ke mana ia pergi. Lihat apakah ia masuk ke dalam retakan atau lubang di dinding. Kemungkinan besar sarangnya ada di dekatnya. Anda mungkin harus melakukan penyisiran. Periksa retakan dan lubang di sekeliling rumah yang dapat digunakan kecoa untuk masuk. Kecoa juga biasanya masuk melalui saluran air dan ventilasi. Menaruh perangkap lem di beberapa tempat di rumah Anda dan melihat berapa kecoa yang terperangkap di masing-masing tempat adalah cara lain yang bagus untuk mengetahui bagian manakah dari rumah Anda yang lebih banyak ditinggali kecoa.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh University of Florida, kecoa dapat hidup selama dua minggu tanpa makanan dan air, tetapi mereka bisa bertahan hingga 42 hari dengan hanya minum air. Air dari pipa yang bocor umum digunakan oleh kecoa sebagai sumber air. Tempat di bawah wastafel adalah tempat favorit lain bagi kecoa. Jadi pastikan tempat-tempat tersebut kering sehingga memutus pasokan air bagi kecoa. Jaga kebersihan di tempat tempat yang sering banyak kecoanya, dengan lingkungan bersih kecoa tidak akan mendekat.

Kecoa tidak dapat bertahan hidup tanpa makanan dan air, selain itu pastikan untuk membersihkan apapun yang bisa dijadikan makanan dan minuman kecoa. Rumah yang bersih dan rapi akan membantu meminimalkan populasi kecoa. Pastikan pula untuk meletakkan sampah atau sisa makanan di luar rumah agar tidak menjadi sumber makanan kecoa. Simpan makanan dalam wadah tertutup dan jangan biarkan terbuka terlalu lama. Daerah di bawah kulkas atau kompor harus dibersihkan secara teratur karena sering terdapat sisa-sisa makanan dan minyak yang bisa menjadi makanan kecoa.

Lemon dan Mentimun dipercaya bisa jadi pembasmi alami bagi serangga yang mengelikan itu. Caranya mudah, Anda cukup memotong mentimun atau lemon menjadi beberapa irisan kecil, taruh pada wadah atau lembaran kertas yang nantinya bisa Anda taruh ditempat-tempat lembab yang sering dijelajahi oleh kecoa. Entah zat apa yang bisa mengusir serangga yang gemar tempat kotor tersebut, yang pasti aroma khas dari mentimun dan lemon mampu mengusir kecoa dari dapur Anda.

Sabun batang juga dapat mengusir kecoa, caranya cukup potong kecil-kecil sabun batangan, masukan kedalam air dalam mangkuk, kemudian letakan mangkuk tersebut di tempat yang lembab, tempat di mana mereka bersembunyi. Anda juga bisa menggunakan aroma untuk mengusirnya, caranya cukup meletakan biji bunga lavender di wadah dan tempatkan di kamar mandi atau di laci dan dimana tempat mereka belalu lalang, nah bau yang dihasilkan dari bunga lavender akan mengusirnya dari rumah Anda, selain untuk mengusirnya lavender juga dapat menyegarkan ruangan rumah. Selamat mencoba.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button