DestinationSports

CEO Dorna Puas Saat Tinjau Langsung Pembangunan Sirkuit Mandalika

Pada hari Senin (28/10/2019), Dorna Sports SL (DORNA) selaku pemegang hak siar MotoGP, meninjau secara langsung pembangunan Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) yang saat ini tengah dibangun oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di kawasan pariwisata The Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

Selain melakukan peninjauan lapangan, CEO Dorna Sports SL (DORNA) Carmelo Ezpeleta dan Sporting Director DORNA Carlos Ezpeleta juga melakukan pertemuan dengan Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dan Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan, beserta perwakilan Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, perwakilan sejumlah BUMN, dan Tim Mandalika Grand Prix Association (MGPA), unit usaha ITDC yang mengelola Sirkuit Mandalika.

Ini merupakan kunjungan pertama DORNA ke lokasi pembangunan Sirkuit Mandalika sejak Indonesia ditetapkan masuk dalam kalander MotoGP 2021 pada Januari lalu di Madrid, Spanyol.

Usai berkeliling, Carmelo mengaku puas dengan progres pembangunan Sirkuit Mandalika.

“Saya puas setelah melihat progres pembangunan Sirkuit Mandalika. Saya sangat antusias dengan Sirkuit Mandalika karena merupakan sirkuit dengan konsep street race yang pertama, tapi dilengkapi fasilitas selayaknya sirkuit permanen, seperti CoEx building dengan paddock, hotel, dan rumah sakit. Saya sangat optimis sirkuit ini dapat menjadi sebuah icon karena merupakan street circuit yang pertama dan indah sekali.” ujarnya.

Senada dengan, CEO Dorna, Direktur Utama PT. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer, juga mengaku optimis pembangunan sirkuit Mandalika akan selesai tepat waktu. Terlebih, dengan kehadiran CEO Dorna Carmelo Ezpeleta yang datang meninjau lokasi sirkuit Mandalika.

“Kehadiran Carmelo Ezpeleta menjadi bukti bahwa sirkuit Mandalika akan selesai tepat waktu,” ucapnya.

Menurut Abdulbar, dalam proses pembangunan sirkuit Mandalika. ITDC tidak akan bekerja sendirian, karena pembangunan sirkuit Mandalika sudah menyangkut dan membawa nama pemerintah dan negara, sehingga, tidak ada keraguan bahwa pembangunan sirkuit Mandalika tidak akan selesai.

“Ini bukan proyek ITDC tapi proyek Indonesia, apalagi ini menyangkut pariwisata dan olahraga. Indonesia sudah membuktikan itu mampu menyelenggarakan Asian Games, sebagai ajang olahraga terbesar kedua setelah olimpiade dan MotoGP memiliki penggemar setiap minggunya di tonton 430 juta telebisi di seluruh dunia dan ini terbesar dan Dorna sangat yakin itu dengan potensi yang besar dimiliki Indonesia,” katanya.

Saat ini pembangunan Sirkuit Mandalika memasuki tahap ground working badan jalan yang telah mencapai 30 persen. Pengaspalan badan jalan akan dimulai pada Januari 2020 sebelum kemudian dilanjutkan dengan upgrading permukaan badan jalan menjadi lintasan balap. ITDC dan MGPA memastikan pembangunan sirkuit dapat selesai akhir tahun 2020 sehingga dapat menjamu tes pra-musim 2021, yang diperkirakan berlangsung Februari atau Maret 2021 sebelum musim balap 2021 dimulai.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button